Adrenalin Junkie, Sungai Argo Puro Probolinggo Kini Punya River Tubing Lho!

Dilihat 109 kali

Dulu jika kita mendengar Probolinggo pasti identik dengan jalur akses menuju Bromo. Ternyata, Probolinggo punya spot wisata yang bisa bikin memacu adrenalin lo.

Tepatnya di Desa Gading Wetan, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mengalir sungai Pandan Laras yang merupakan aliran dari Gunung Argopuro. Di spot ini lo bisa nyoba river tubing yang pastinya bakalan bikin adrenalin lo terpacu.

River tubing sendiri jenis olah raga air yang memanfaatkan ban dalam mobil dan meluncur di permukaan air sepanjang sungai. Jenis olah raga air ini mulai berkembang disana. Panjang rutenya nggak nanggung Bro, jaraknya 2,5 kilometer dan punya 10 spot arung jeram. Udah pasti menantang banget buat lo yang suka dengan jenis olahraga ekstrem.

Saat lo melakukan river tubing, lo akan dibuat takjub dengan gelombang air sungai yang terjal dan menantang. Rute yang terbilang ngeri ini terbentang dari Dusun Jagleng sampai Dusun Blimbing. Biasanya kalau lancar, rute ini bisa lo tempuh dalam waktu 2 jam, tergantung kecepatan air dan kelancaran melewati 10 jeram tersebut.

Wisata river tubing disana mulai berkembang sejak tahun 2013, dulu lebih dikenal dengan ‘water sport’ Gading Wetan. Sejak awal berdiri sampai sekarang, kawasan ini makin dikenal oleh penikmat olahraga air.

Mau istirahat setelah cape seharian main air? Tenang saja! Pengelola wisata ini terus membangun fasilitas yang dibutuhkan pengunjung. Sejumlah fasilitas tambahan terus dibangun, dan yang terbaru adalah pembanguninan tiga unit gazebo untuk beristirahat. Gazebo ini dibangun di Dusun Blimbing atau titik finish dari wisata air tersebut.

Saat lo berkunjung kesana, jangan heran kalau banyak yang datang sekedar buat uji nyali di sungai Pandan Laras. Rata-rata pengunjung perharinya berjumlah 10-30 orang. Kebayang dong ramenya kayak gimana di sungai?

Aman nggak main river tubing?

Ini dia yang jadi nilai lebih water sport Gading Wetan. Demi kenyamanan dan keamanan pengunjung, pengelola lokasi wisata ini menyiapkan  ban yang dilengkapi dengan webbing atau tali yang dililitkan di ban untuk dijadikan pegangan ketika meluncur.

Selain webbing tadi, kelengkapan standar lainnya kayak body protector, helm, rompi pelampung, pelindung siku dan lengan, serta pelindung lutut dan tulang kering sudah disediakan.

Lo juga nggak usah khawatir, ada 15 guide yang terus ngawasin sepanjang rute. Tarif untuk main river tubing juga terjangkau, cukup bayar Rp. 75 ribu per-orangnya.