Are You Man Enough to Try This?

Dilihat 400 kali

Olahraga selancar itu banyak variasinya. Tapi mau seberapa banyak pun nama dan cara mengeksekusinya, prinsip dasarnya akan selalu sama; memanfaatkan air untuk mendapatkan adrenaline rush yang dibutuhkan supaya hidup nggak membosankan! Bedanya benar-benar hanya sedikit! Palingan cuma di bagian bentuk papan, tambahan layangan, layar, atau ditarik dengan perahu.

Gue sendiri... menggeluti dunia selancar entah sejak kapan. Segala macem jenis selancar udah gue coba dan berani gue bilang, wakesurfing ini salah satu yang unik dan cocok buat gue. Belum banyak orang yang tahu tentang kehadiran wakesurfing ini. Seringnya orang akan menyamakannya dengan wakeboarding.

Well...nggak bisa disalahkan karena memang kedua olahraga ini serupa tapi tak sama.

Sama-sama Ditarik Perahu

Baik wakeboarding maupun wakesurfing sama-sama ditarik perahu atau kapal pembuat gelombang atau wake. Namun yang membedakannya adalah cara peselancarnya berselancar. Wakeboarder berseluncur di atas gelombang yang dihasilkan oleh kapal sambil terus ditarik oleh kapal tersebut. Sementara wakesurfer biasanya akan melepaskan tali penariknya setelah gelombang yang terbentuk memadai. Setelah gelombangnya pas, mereka akan berselancar mengikuti perahu pembuat gelombangnya dengan cara yang mirip dengan peselancar ombak yang biasa.

Nah di sini dibutuhkan keahlian untuk mengikuti gelombang yang dibuat sang perahu supaya sensasi berselancarnya lebih tahan lama. Tapi pada umumnya, wakesurfer bisa mengarungi gelombang ini lebih lama dari ombak laut lebih lama.

Gelombang Boleh Nggak Tinggi

Ketinggian gelombang yang dipakai wakesurfers emang nggak seberapa tinnggi. Tapi disitu letak tantangannya! Memanfaatkan gelombang-gelombang pendek ini untuk melakukan beragam trik yang bisa membuat jantung skip satu detakan!

Semua trik yang bisa dilakukan saat wakesurfing benar-benar tergantung gimana elo memposisikan badan lo dan pijakan lo. Misalnya stalling yang menambahkan tekanan ke kaki belakang untuk memperlambat laju papan, rail grabs yang melibatkan posisi tangan di tepi papan, dan masih banyak lagi trik yang bisa lo coba-coba.

Buat yang penasaran, bisa langsung ke pantai terdekat untuk merasakan sendiri gimana sensasi mengarungi gelombang kapal ini. Atau buka-buka situs video hosting untuk membekali diri dengan rekaman trik yang sudah ada!

But... are you man enough to try this, tho?