Biar Luburan Lo Nggak Bosen, Cobain Wisata Ekstrem Offroad Di Sentul

Dilihat 808 kali

Bosan dengan liburan yang gitu-gitu aja? Ada baiknya lo coba jenis liburan yang beda dari liburan mainstream lainnya. Lo bisa coba liburan yang bisa memacu adrenalin kayak offroad.

Buat pecinta petualangan yang pengen nyobain sensasi offroad, lokasinya nggak terlalu jauh dari pusat Jakarta. Spot offroad yang lagi hits saat ini ada di Sentul, Bogor. Lokasi ini terkenal dengan jalur offroad yang bisa bikin lo puas. Lo bisa melewati jalur lumpur, jalur sungai, sampai jalur tanjakan batu. Semuanya ada Bro!

Salah satu jalur offroad yang paling sering dieksplor offroader adalah jalur Pasir Hayam Sentul. Sama kayak main Golf, olahraga ekstrem kayak offroad ini juga ada istilah handycap, yaitu jalur yang sulit dan kita harus cari cara bagaimana melewatinya. Di jalur ini, nggak kurang dari 5 handycap yang lumayan ekstrem untuk diselesaikan tantangannya.

Petualangan dimulai saat kita coba naik tanjakan babeh 2 di Hambalang. Setelah semua offroader berkumpul, baru kita menuju ke desa Pasir Hayam.

Tancap gas langsung masuk ke handycap pertama. Jalur ini dikenal karena punya lapisan lumpur sedalam 40 cm. Selain lumpur yang lengket, nggak jarang tanjangan pendek disana bikin offroader kesulitan. Saking sulitnya lewatin jalur ini, banyak kendaraan offroader yang ditarik, bahkan salah satunya kehabisan kampas kopling.

Sukses lewatin handycap pertama, saatnya istirahat dulu. Nggak usah khawatir, disana sudah tersedia beberapa saung untuk makan siang sambil benerin kendaraan yang trouble. Momen makan siang ini bisa dipake buat bercengkrama dengan warga sekitar dan menikmati pemandangan Pasir Hayam.

Selesai makan siang, petualangan dilanjut dengan masuk ke handycap kedua. Butuh waktu sekitar 15 menit perjalanan dari handycap pertama.

Jalur di handycap kedua ini berupa jalur sungai yang menanjak dijalur batu yang licin. Saking susahnya, jangan heran kalau lo lihat ada beberapa offroader melipir ambil jalur tanah disisi kanan.

Jalur di handycap ketiga dan keempat relatif gampang untuk dilewati. Tantangan justru hadir di handycap terakhir. Jalur ini dikenal handycap sungai dan punya tanjakan rail yang cukup dalam. Udah jadi hal yang biasa kalau di handycap terakhir ini kebanyakan offroader gagal melintasinya dan malah ambil jalur evakuasi lewat jembatan.

Abis lewatin handycap terakhir, lo bisa lanjutin perjalanan ke titik start di jalur Hambalang. Jalur offroad Pasir Hayam memang terkenal pendek tapi juga punya tantangan yang puas buat offroader penyuka jalur hard.