Gokil! Gelombang Bono Bisa Bikin Turis Surfing Di Sungai Kampar

Dilihat 728 kali

Surfing adalah salah satu olehraga yang bisa menguji adrenalin lo. Biasanya, surfing dilakukan di pantai dengan ombak yang gede. Lokasinya pun ada banyak di Indonesia, misalnya aja di Mentawai yang sudah mendunia.

Tapi jangan salah, surfing nggak cuma bisa dilakukan di pantai aja Bro. Tapi, lo bisa juga surfing di sungai. Kok bisa?

Nah, kalau lo kebetulan lagi traveling ke Riau, sempetin deh mampir ke Sungai Kampar. Soalnya di lokasi ini surfing di sungai itu mungkin terjadi.

Kegiatan surfing di Sungai Kampar ternyata sudah mendunia. Banyak banget surfer dari mancanegara yang rela jauh-jauh datang ke Riau cuma untuk ngerasain sensasi surfing di Sungai Kampar.

Lokasi Sungai Kampar sendiri ada di Teluk Meranti, Kabupaten Palalawan, Riau. Kalau lo berangkat dari Pekanbaru, butuh waktu sekitar 6 – 7 jam perjalanan kesini.

Usut punya usut, ternyata yang bisa bikin wisatawan surfing di sungai ini adalah Gelombang Bono yang ada di sungai ini. Gelombang Bono sendiri adalah fenomena alam yang terjadi akibat bertemunya air laut pasang dengan muara Sungai Kampar yang lebar. Angin yang berhembus kencang dan didukung tebing di sisi kanan dan kirinya yang bikin ombak cukup tinggi muncul.

Tinggi Gelombang Bono bisa sampai 6 meter dan memanjang sejauh 300 meter. Kecepatannya pun nggak biasa , bisa sampai dengan kecepatan 40 kilometer per jam. Gokil Bro!

Yang bikin makin tertantang adalah suara yang dihasilkan oleh Gelombang Bono. Biasanya kalau di pantai suara gelombangnya suaranya agak sendu menyapu pasir, hempasan Gelombang Bono bisa ngehasilin suara keras dan bisa bikin lo merinding. Masyarakat sekitar percaya kalau ombak yang ada di Sungai Kampar adalah Bono jantan, sedangkan Bono betina ada di Sungai Rokan, Bagansiapi-api.

Bukan cuma itu aja, Gelombang Bono juga punya sebutan lain yaitu Gelombang Tujuh Hantu. Warga disana percaya, ombak Bono di Sungai Kampar berjumlah tujuh dan semuanya adalah hantu. Warga disana juga percaya banyak kejadian mistis saat fenomena Bono itu terjadi. Serem ya?