Kendaraan Andalan Militer Ini Ternyata Asik Juga Digunakan untuk Balapan Bro!

Dilihat 93 kali

Apa Lo pernah melakukan suatu balapan, entah itu pakai motor, mobil, gokart, atau malah pakai bom bom car di Dufan? Balapan memang asyik banget ya Bro, tapi semua jenis balapan-balapan tersebut sudah basi. Ada nih satu jenis balapan yang seru abis dan pastinya beda dari yang lain yaitu Hovercraft Racing. Pasti banyak masyarakat Indonesia yang masih belum pada tau tentang apa itu Hovercraft kan? Meskipun kelihatannya memang jarang sekali ada acara yang menyelenggarakan balapan pakai Hovercraft apalagi di Indonesia, tapi di luar negeri kegiatan ini malah jadi favorit banyak orang loh!

Apa Sih Sebenarnya Hovercraft?

Hovercraft adalah sebuah kendaraan unik yang berbeda dari jenis kendaraan lainnya karena tidak memiliki roda melainkan memakai bantalan udara atau air cushion. Bantalan ini sendiri terletak di bagian bawah hovercraft dan terbuat dari karet lentur namun sangat tebal sehingga nggak gampang sobek atau bahkan bocor. Udara pada bantalannya sendiri ditiupkan atau dipompa melalui sebuah sekat lentur yang disebut skirt. Cara kerjanya juga sangat unik dimana terdapat gaya dorong yang berasal dari propeller. Karena tekanan udara yang ada di bantalan bawah Hovercraft bisa menyebar luas maka membuat tekanan saat menyentuh air atau tanah tidak terlalu kuat. Hal ini membuat kendaraan unik yang satu ini mampu berjalan di berbagai kondisi seperti air, tanah, dan bahkan lumpur sekalipun dengan kecepatan sangat tinggi. Kehebatan Hovercraft lainnya adalah tahan banting dan sangat kuat terhadap berbagai kondisi serta mampu melewati perairan yang berarus deras sekalipun. Saking kuatnya, kendaraan yang satu ini menjadi andalan untuk kepentingan militer, sipil, dan juga badan penyelamatan atau tim SAR.

Balapan Hovercraft

Dibalik fungsinya untuk kepentingan militer dan penyelamatan, ternyata Hovercraft juga bisa digunakan sebagai sarana bersenang-senang. Hovercraft Racing adalah suatu balapan ekstrim tapi juga seru. Lo bisa lihat gimana asyiknya mengendarai Hovercraft dengan kecepatan tinggi sambil melalui berbagai rintangan yang ada. Karena sifatnya amfibi maka Lo bisa gunakan kendaraan yang satu ini di darat maupun di air. Tanpa takut apapun, Lo bisa menerjang apapun jenis dan kondisi jalanan Bro.

Penggunaan Hovercraft sendiri sudah sangat maju dan berkembang pesat di luar negeri, termasuk untuk berbagai keperluan militer atau yang lainnya. Kalau di Indonesia sendiri, mungkin jarang banget ada yang melihat langsung kendaraan amfibi ini ya Bro. Padahal kalau dipikir-pikir, Hovercraft sangat multifungsi dan punya ketahanan yang kuat.