Unik! Gua Di Pangandaran Punya Stalaktit Mirip Mr. P dan Miss V

Dilihat 878 kali

Pemandangan stalaktit dan stalagmit biasanya kita lihat saat melakukan petualangan di dalam gua. Tapi, kalau lo datang ke Gua Parat di Pangandaran, lo bakalan lihat pesona stalaktit dan stalagmit yang berbeda.

Keunikan Gua Parat ini terletak pada stalaktit yang berbentuk alat kelamin pria dan wanita. Uniknya, stalakmit itu terbentuk secara alami dan bukan dibuat-buat.

Akses ke gua ini terbilang mudah. Lo tinggal menelusuri jalan dari pintu masuk cagar alam Pangandaran. Buat masuk ke Gua Parat ini, lo cuma perlu membayar Rp. 20 ribu. Tarif ini termasuk pemandu dan senter untuk penerangan selama di dalam gua.

Sebelum masuk gua, lo akan di briefing oleh pemandu disana seputar stalaktit berbentuk unik ini. Batuan yang bentuknya menyerupai kemaluan pria dan wanita ini berjajar. Lokasi di dalam gua pun terbilang gelap. Jadi, jangan pernah masuk gua ini tanpa didampingi oleh pemandu.

Ada yang berbeda dengan pengalaman caving di gua ini dibandingkan dengan caving di gua lainnya. Saat lo mulai petualangan disana, lo nggak bakalan dibekali helm dan lainnya selain senter yang dikasih oleh pemandu.

Perjalanan pun dimulai dengan menaiki anak tangga yang sudah disemen menuju mulut Gua Parat. Dilihat dari luar, mulut Gua Parat ini cenderung pendek dan dihiasi banyak stalaktit. Begitu lo masuk, lo harus ekstra waspada sama stalaktit di atas kepala.

Yang bikin lega, interior gua semakin lebar begitu lo nyampe di dalam. Udara sejuk dan tidak berbau meskipun banyak kelelawa di atas gua bikin lo makin nyaman caving disana. Jelas aja, pintu lain gua yang menghadap ke pantai lebih lega dan bikin sirkulasi udara makin lancar.

Nggak terlalu jauh, lo bakalan sampai di spot stalaktit berbentuk kemaluan laki-laki. Disebelahnya terdapat stalaktit lainnya yang punya bentuk mirip dengan Miss V. Meskipun nggak terlalu mirip, tapi dua batuan ini sudah mewakili kemaluan dari dua jenis manusia ini. Nggak ada mitos atau cerita apapun dibalik uniknya batuan ini.

Keunikan batuan ini bikin wisatawan penasaran. Nggak jarang, banyak turis yang datang kesana potret bareng sama batuan mirip kemaluan manusia ini.

Nah, jangan lupa juga buat lihat spot menarik lainnya di Gua Parat. Disana juga ada gua landak dan stalakmit berbetuk mirip sama bejana. Unik banget!