Windsurfing, Uji Adrenaline Melawan Ombak dan Angin

Dilihat 95 kali

Windsurfing membosankan dan nggak semenantang surfing? Lo salah besar bro karena mereka yang udah ngejajal bahkan menurut mereka lebih mendebarkan ketimbang surfing. Kenapa bisa begitu bro? Karena nggak cuma harus bisa ngarungin ombak, atletnya juga wajib punya tenaga yang besar buat nyeimbangin layar untuk ngatur arah angin yang kencang.

Windsurfing adalah olahraga air hasil dari gabungan dua olahraga ekstrim lain, perahu layar dan surfing. Karena hasil gabungan dua olahraga tadi maka alat yang dipake oleh atletnya selain papan surfing juga sebuah layar yang terbuat dari kain terpal berbahan sintesis.

Layar ini dipasang disebuah tiang yang dipasang di papan surfing. Papan surfing yang dipake di windsurfing ini punya ukuran yang lebih panjang dari papan surfing baiasa, yaitu sekitar 4 meter. Siapa penemu windsurfing? Seorang atlet surfing di California, AS, bernama Robby Naish. Sampe sekarang ia diakui sebagai slah satu tokoh legendaris dunia, terutama di dunia windsurfing.

Windsurfing ini sempet sangat digilai pada tahun 1980-an. Saat itu, diperkirakan ada 10 ribu orang yang menggelti windsurfing. Karena dinilai cukup populer dan kompetitif, windsurfing masuk ke dalam salah satu cabang yang diperlombakan di Olimpiade sejak tahun 1984. Nggak cuma masuk ke dalam Olimpiade, kejuaraan dunia windsurfing juga digelar tiap tahunnya bro.

Minat ngejajal dan nekunin windsurfing bro? Coba deh datengin komunitas atau klubnya. Atau kalo lo sekedar mau ngicipin coba deh ke kawasan Pantai Sanur kalo lagi ke Bali. Di sana emang surganya mereka yang mau ngejajal windsurfing. Nggak perlu khawatir kalo nggak punya alatnya. Lo bisa sewa alat-alatnya di sana.

Selain bisa nyewa alatnya lo juga bisa dapet kursus kilat gimana mulai windsurfing. Biayanya? Lumayan nggak mahal lah bro karena kalo harus beli alat dan kursus beneran biayanya pasti bakal lebih mahal bro.

Satu hal yang harus lo inget, selalu utamakan keamanan ya bro karena bagaimana pun windsurfing adalah olahraga ekstrim yang cukup berisiko. Enjoy windsurfing bro!