Adventuring bareng keluarga? Why not?

Dilihat 172 kali

Berpetualang bareng keluarga di akhir pekan pastinya bakal seru banget. Kegiatan petualangannya pun tentunya yang masih masuk ke dalam kategori wajar, bukan esktrim, contohnya seperti kegiatan berkemah. Dalam hal ini, yang diutamakan adalah sang anak. Banyak orang tua kadang belum siap ajak anak untuk berkegiatan berkemah dengan alasan keselamatan. Padahal, banyak banget manfaat yang bisa diperoleh bagi si anak.

Selain keberanian, kemandirian pun akan sangat terlatih untuk si anak. Saat berkemah, ia akan dilatih dalam menghadapi berbagai kondisi di alam bebas yang tidak terprediksi dengan fasilitas seadanya. Sebisa mungkin ia pun juga akan belajar menjaga dan mengemas barang-barangnya kembali setelah digunakan.

Kemah keluarga

Sumber foto : active.com

Kemudian dengan berkemah, ia akan dilatih untuk mengendalikan emosi dan egonya. Emosi dan ego dalam hal ini bisa berupa perasaan takut hingga perasaan ingin menguasai sesuatu secara berlebihan. 

Kegiatan fisik yang dilakukan seperti berkemah, berjalan kaki, dan sedikit mendaki tentu akan sangat bermanfaat bagi anak karena dapat memicu perkembangan motorik dan memperkuat otot-ototnya. Memperhitungkan usia anak dan tingkat keamanannya menjadi penunjang apakah baik untuk kesehatan fisik dan psikisnya atau malah membuatnya jatuh sakit. 

Sebelum mengajak keluarga berkemah, hal terpenting sebagai orang tua adalah mempersiapkan rencana itu sematang mungkin lalu cari lah lokasi berkemah yang aman dan nyaman bagi keluarga, biar bagaimanapun tanggung jawab lo bakal lebih besar karena membawa keluarga. 

Tertarik bro? Selamat mencoba!

Sumber Gambar : helobc.com

Referensi Artikel : eigeradventurenews.com