Back to The Basic, Ini Ilmu Dasar Naik Gunung

Dilihat 126 kali

Mendaki gunung tidak jauh berbeda dengan kegiatan petualangan lain. Ini adalah kegiatan olahraga yang berat. Diperlukan kondisi kesehatan yang prima bagi siapapun yang ingin melakukan pendakian. Perbedaan antara mendaki gunung dengan kegiatan lainnya adalah kegiatan ini dilakukan di alam terbuka yang bebas dan liar, lingkungan yang sebenarnya bukan habitat manusia.

Seorang pendaki yang baik seharusnya sadar terhadap berbagai bahaya yang menghadang dalam aktivitas ini. Bahaya tersebut dapat datang dari alam itu sendiri seperti udara yang lebih dingin, angin yang membekukan, hujan deras tanpa ada tempat berteduh, dan permukaan curam yang dapat menyebabkan pendaki tergelincir. Sifat bahaya ini tidak bisa diubah oleh manusia.

Namun kadang pendaki pemula beranggapan bahwa mendaki gunung adalah kegiatan rekreasi. Khususnya untuk gunung yang sudah populer dan dianggap mudah untuk didaki. Akibatnya mereka sering lupa dengan persiapan fisik dan perlengkapan untuk pendakian. Bahkan kadang mereka hanya mengenakan kaos oblong dan bekal air atau makanan ala kadarnya. Walaupun tidak bisa diubah, pendaki sebenarnya bisa mengurangi dampak negative tersebut seperti dengan membawa jaket tebal, membawa senter, tenda, dan sebagainya. Pada dasarnya semua bahaya atau resiko pendakian bisa diminimalisir dengan persiapan yang matang. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang wajib diperhatikan sebelum naik gunung:

Alat Navigasi

Bawalah alat navigasi seperti peta lokasi pendakian, kompas, atau altimeter. Jangan sekali-kali mendaki jika di rombongan belum ada yang berpengalaman mendaki serta memiliki pengetahuan mendalam mengenai navigasi.

Kondisi Tubuh

Pastikan kondisi tubuh kalian sehat. Berolahragalah seperti berenang atau lari secara rutin sebelum pendakian agar tubuh lebih fit.

Peralatan Pendakian

Bawalah peralatan yang sesuai seperti ponco atau jaket anti air. Pisahkan pakaian untuk kemah yang wajib kering dengan pakaian perjalanan, boot atau sepatu karet, senter dan baterai, kantung tidur, matras, dan tenda.

Lama Perjalanan

Hitunglah berapa lama perjalanan untuk menyesuaikan keperluan logistic. Hal ini memudahkan kalian menghitung berapa banyak beras yang akan dibawa, lauk pauk, bahan bakar, dan peralatan makan. Bawah tempat air yang wajib selalu terisi di sepanjang perjalanan.

Peralatan Medis

Bawalah selalu peralatan medis darurat seperti perban, obat merah, dan obat pribadi lainnya.

Belajar

Jangan malu berdiskusi dan belajar dengan para penggiat pecinta alam yang saat ini sudah tersebar di sekolah menengah maupun perguruan tinggi. Mereka akan dengan senang hati berbagi ilmu.