Eksotisme Air Terjun Luweng Sampang

Dilihat 30 kali

Pesona dan eksotisme Jogja seakan-akan nggak ada habisnya. Satu lagi serpihan surga yang baru terkuak, yaitu air terjun Luweng Sampang. Letak air terjun ini ada di wilayah Gunung Kidul yang memang memiliki pantai dengan batuan-batuan cadas yang indah, dan rupanya air terjun ini pun memiliki batuan-batuan cadas yang berwarna putih juga bro. Batuannya yang terkena erosi air membentuk garis-garis yang unik karena terkikis secara alami.

Via instagram.com/geghania

Udara dan suasananya yang sangat sejuk bakal menyambut kedatangan lo. Pesona alami yang satu ini sayang banget untuk dilewatkan bro. Nah, Air terjun Luweng Sampang sendiri terletak persis di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Luweng Sampang dalam bahasa jawa berarti Lubang Sampang. 

Akses Menuju Luweng Sampang

Nah untuk menuju kesana kalau dari kota Yogyakarta kurang lebih seperti ini. Jarak dari kota Yogyakarta kurang lebih 30 KM atau dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan. Ada dua rute yang dapat dipilih untuk menuju air terjun Luweng Sampang sebagai berikut:

1. Yogyakarta - Ringroad ketandan - Jl. Wonosari - Piyungan - Bukit bintang - Patuk - Perempatan dekat GCD FM ambil arah kiri - Ngoro-oro Ombo - ada Perempatan Puskesmas Patuk II - (ambil yang lurus) - Pertigaan Padukuhan Semilir (ke kiri) - Pertigaan SDN Negeri Belang Terbah (masih lurus) - Balai Desa Terbah - ada pertigaan ambil yang lurus kemudian  ikuti jalan ± 3 KM letak Luweng Sampang di sebelah kanan jalan.

2. Yogyakarta - Maguo - Prambanan - Dari jalan Jogja solo ambil kanan (selatan) - menuju Desa Gantiwarno Klaten - SDN 2 Jogoprayan Gantiwarno Klaten - Desa Sampang Gunung kidul - Balai Desa Sampang, kemudian ikuti jalan kurang lebih 2 KM kemudian letak air terjun Luweng Sampang ada di sebelah  kiri jalan.

Featured Image :

visitjogja.com

Referensi Artikel :

bobocantik.com

gunungkidul.com