Gunung Munara, Alternatif Terdekat Buat Penggila Jalur Pendakian Ekstrem!

Dilihat 116 kali

Selain mendaki Bukit Jonggol yang dikenal dengan jalur trekkingnya yang kejam, atau mendaki Gunung Salak yang dikenal dengan aura mistisnya yang sangat kental, Bogor masih punya titik pendakian lainnya yang tak kalah menantang dari kedua jalur tersebut, salah satunya menaklukan puncak Gunung Munara.

Gunung dengan ketinggian sekitar 1119 mdpl ini berada di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin. Lokasinya yang nggak terlalu jauh dari Jakarta, membuat tempat ini kerap dikunjungi warga Ibu kota yang ingin menikmati suasana petualangan, tanpa harus melakukan perjalanan panjang.

Perjalanan trekking Gunung Munara dimulai dari titik pembelian tiket. Menurut petugas jaga, rata-rata untuk mencapai puncak gunung ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Cukup singkat memang, tapi percayalah, ini nggak akan semudah yang kita bayangkan.

1 km pertama Lo akan melewati rute trekking yang masih landai, dimana rute ini akan melewati area parkiran kemudian melewati sungai kecil dan toilet umum. Setelah itu, Lo pun akan diajak untuk menuju kaki gunung dimana treknya masih landai.  

Uniknya, kaki Gunung Munara ini nggak seperti gunung lainnya dengan cuaca dingin. Justru sebaliknya, cuaca di sini cukup panas. Kondisi inilah yang membuat tenaga dan stamina Lo akan cepat terkuras habis.

Setelah itu, rute pun mulai berubah secara perlahan, dimana jalanan yang akan Lo daki sedikit menanjak dengan trek berupa tanah. Saat musim panas, biasanya rute di sini cukup kering sehingga mudah untuk didaki. Sementara saat musim hujan, trek ini akan berubah jadi becek dan sangat licin.

Setelah melewati trek tanah, sedikit demi sedikit rute trekking pun akan berubah menjadi batu batu besar. Di beberapa spot, Lo pun akan melihat akar pohon yang menjuntai hingga ke bawah. Manfaatkan itu sebagai pegangan saat langkah Lo mulai goyah.

Jangan khawatir, sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Munara, Lo akan menemukan banyak warung kecil yang menjual aneka makanan dan minuman ringan. Kemudahan ini tentu bisa dianggap bonus di tengah perjalanan pendakian yang cukup sulit dan menantang.

Sesmapainya di puncak Muara, pemandangan indah Bogor pun akan terlihat begitu indah, dengan beberapa spot foto yang menakjubkan. Nikmatilah semuanya, sebelum Lo berjuang kembali menuruni gunung ini, dengan jalur yang sama seperti ketika Lo mendaki. Selamat bersenang-senang!