Hujan Turun Saat Pendakian, Ini yang Harus Lo Lakukan Bro!

Dilihat 682 kali

Hiking merupakan salah satu kegiatan outdoor yang paling populer di Indonesia. Nggak jarang hobi mendaki dijadikan kegiatan rutin dilakukan oleh sebagian orang.

Tapi, kayak kegiatan outdoor lainnya, hiking juga sangat tergantung dengan kondisi cuaca. Kadang perubahan cuaca yang cukup ekstrem bikin kegiatan hiking jadi terhambat.

Salah satu perubahan cuaca yang ekstrem adalah turunnya hujan lebat secara tiba-tiba. Lalu, apa yang harus lo lakukan dalam kondisi kayak gini?

Hal yang pertama lo lakukan adalah berhenti sejenak. Lo bisa bangun tenda atau shelter yang bisa lo pake untuk berteduh dari air hujan dan juga angin. Terlalu beresiko jika lo lanjutkan perjalanan. Trek yang licin dan juga bahaya longsor bisa terjadi secara tiba-tiba dan membahayakan jiwa lo.

Tapi, jangan di sembarangan tempat lo bangun tendanya. Hindari mendirikan tempat atau berteduh di tempat dengan pepohonan besar yang tua dan rantingnya sudah rapuh. Ranting yang rapuh bisa sewaktu-waktu patah dan menimpa lo saat angin bertiup kencang.

Kalau kondisi cuaca makin parah karena hujan disertai angin kencang dan petir, lo bisa ambil opsi untuk turun dari tempat yang tinggi. Hal penting lainnya yang wajib lo lakukan adalah hindari berbaring di atas tanah. Lo harus segera keluar dari medan yang berair dan jauhin benda-benda yang menghantarkan listrik misalnya pagar kawat berduri, saluran listrik, dan kincir angin.

Pencegahan ini dianggap sangat perlu biar lo terhindar dari sambaran petir yang berbahaya. Oh ya, kalau lo bawa hp atau perlengkapan GPS lainnya, ada baiknya matikan terlebih dahulu sampai kondisinya lebih aman.

Dengan mengetahui apa yang harus lo lakukan jika turun hujan selama pendakian, maksudnya biar pendakian lo berjalan aman dan selamat.

Pastikan juga sebelum pendakian peralatan keselamatan dan keamanan lo bawa. Perlengkapan standar kayak jaket, obat-obatan, sampai perbekalan jadi barang wajib yang harus lo bawa.

Well, mulai sekarang lo udah tahu langkah antisipasi kalau selama pendakian turun hujan. Salam hiking!