Intip Yuk Ritual Pengantin Arwah di China yang Konon Sangat Mematikan!

Dilihat 338 kali

Pernikahan ghaib sering banget kita lihat di film-film horor. Awalnya kita cuma berpikir itu bagian dari cerita film saja. Ternyata tradisi ini kayak gini memang ada di dunia nyata Bro.

Tradisi pernikahan ghaib bisanya harus ada dua mempelai pengantin yang salah satu atau dua-duanya sudah meninggal. Praktek pernikahan ghaib ini ada di beberapa negara seperti Sudan, Taiwan, dan bahkan di Indonesia. Yang paling unik adalah tradisi pernikahan arwah yang ada di China.

Tradisi pernikahan arwah sudah mengakar di kebudayaan China sejak 3.000 tahun yang lalu. Bahkan, tradisi ini memicu pencurian mayat segala. Kok bisa?

Singkat cerita, pernikahan arwah biasanya dilakukan dengan dua mempelai pengantin sudah meninggal dunia. Tujuannya, biar orang yang meninggal nggak kesepian di alam baka. Konon, kalau tradisi ini nggak dilaksanakan, keluarga yang masih hidup bakalan ketiban sial.

Syarat pernikahannya pun mirip kayak pernikahan biasa seperti mahar dan prosesi pernikahan. Yang bikin beda, mahar yang dipakai semuanya berupa kertas. Proses pernikahan biasanya diatur dengan bantuan ahli fengshui dengan melihat kecocokan mempelai arwah, tanggal lahir dan tanggal pernikahan.

Syarat utama pernikahan arwah ini adalah harus pake jenazah mempelai. Jangan pernah coba pakai jenazah palsu, orang disana percaya akan mendatangkan kesialan. Setelah prosesi pernikahan, jenazah atau tulang belulang mempelai wanita akan disatukan dalam satu liang lahat dengan jenazah atau tulang belulang mempelai pria.

Yang jadi masalahnya, nggak setiap anggota keluarga jenazah perempuan yang rela jenazah atau tulang belulang milik anggota keluarganya dipakai untuk mengikuti ritual ini. Nah, buat yang oportunis, udah jelas bakalan memanfaatkan kesempatan ini buat dapetin dana segar.

Karena harganya menggiurkan, nggak aneh kasus pencurian mayat jadi bertambah. Bahkan, dalam setahun belakangan berubah menjadi kasus pembunuhan.

Dalam 4 tahun terakhir, terjadi 40 kasus pencurian mayat perempuan. Bahkan, kepolisian China pernah menangkap seorang pria karena membunuh dua perempuan penyandang cacat mental dan menjual jenazahnya untuk keperluan ritual ini.

Saking khawatirnya, keluarga yang punya anggota keluarga perempuan yang meninggal sampai melindungi makam mereka dengan kerangka logam atau bahkan menguburkannya di halaman rumah.

Pencurian mayat sudah resmi dilarang di China, tapi selama masih ada tradisi ini para pencuri mayat akan terus mendulang uang dari sana.