Jangan Asal! Berikut Tips Memilih Sepatu Khusus untuk Mendaki

Dilihat 688 kali

Mendaki gunung masuk kedalam kegiatan yang punya resiko kecelakaan yang lumayan gede Bro. Resiko kayak terkilir, tergores, sampai terpeleset saat mendaki bisa lo alamin selama pendakian. Salah satu peralatan untuk memperkecil resiko saat mendaki gunung yaitu dengan pake sepatu.

Nggak sama kayak jalan-jalan di wilayah perkotaan, sepatu yang dipake untuk mendaki jelas harus dipilih secara khusus.

Nah, berhubung sepatu yang dipake buat mendaki gunung tergolong khusus, lo harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membelinya kayak bahan sepatu, pemilihan sol sepatu, sampai dengan ukuran sepatu. Buat lo yang belum tau tipsnya, simak ulasannya ya Bro!

Bahan sepatu

Kalau sepatu yang mau lo beli buat dipake di medan pendakian lembab dan basah kayak di Indonesia, sebaiknya lo pilih sepatu yang punya teknologi anti air dan punya sirkulasi udara. Bahan jenis ini bisa nyegah air masuk ke dalam sepatu dan bisa bikin kaki lo bau. Bahan sepatu yang bisa lo pilih adalah kulit dan goretex.

Pilih sol sepatu bergerigi dan cukup elastis

Pastikan sol sepatu yang lo beli ini kuat soalnya medan pendakian berbeda-beda, ada yang berupa tanah gembur, batu, sampai pasir. Pilih sepatu dengan sol bergerigi atau tapak kembang yang agak kasar. Jenis sol kayak gini lebih menggigit di tanah.

Low versus high?

Pemilihannya bisa disesuaikan dengan medan pendakian, lama perjalanan, dan berat beban yang akan dibawa saat mendaki.

Kalau berat bawaan lo ringan dan medan pendakian cenderung lebih landai, lo bisa pilih sepatu jengan jenis low cut karena bisa memudahkan pergerakan saat pendakian.

Tapi kalau medan pendakiannya terjal dan makan waktu berhari-hari, mending lo pilih yang high cut. Jenis sepatu ini bisa ngunci mata kaki, jadi resiko terkilir bisa berkurang.

Pilih ukuran satu nomor lebih gede

Saat mendaki, medan yang dilalui nggak selalu menanjak. Saat lo turun dari pendakian, medan yang lo hadapi berupa turunan. Ini bisa bikin lo tersiksa karena beban tubuh lo bertumpu lebih banyak di kaki.

Nomor sepatu yang terlalu pas bisa bikin resiko kaki terluka atau kuku patah gede banget. Mending lo pilih nomor sepatu lebih gede dari nomor yang biasa lo beli. Ini bisa kasih kesempatan buat kaki lo untuk beradaptasi saat turun guung.