Kalo ke Gunung Slamet Pagi-Pagi, Selamat Anda Akan Melihat Sunrise Indah

Dilihat 227 kali

Pemandangan sunrise atau matahari terbit yang mempesona ibarat menjadi hadiah untuk para pendaki yang sudah rela bersusah payah untuk sampai di puncak. Demikian halnya di Gunung Slamet. Di sana pemandangan sunrise tersaji dengan begitu indahnya. Gunung Slamet itu sendiri merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3428 meter di atas permukaan laut.

Ketinggian gunung ini sebenarnya berada di posisi kedua setelah Gunung Semeru yang ada di provinsi Jawa Timur. Gunung Slamet memiliki bentuk kerucut dan mempunyai kawah yang luas dan masih aktif. Letusan besar di gunung ini terakhir kali terjadi pada 13 Juli 1988. Pada saat letusan tersebut semburan lava pijarnya tingginya mencapai 300 meter. Lokasi Gunung Slamet berada di perbatasan Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Brebes, dan Banyumas.

Untuk sampai di puncak Gunung Slamet dan menikmati panorama sunsetnya yang indah, Lo bisa melewati beberapa jalur dari utara melalui rute Gambuhan – Jurangmangu. Jika dari selatan, rute yang dilewati adalah Baturaden – Gunung Malang. Sementara itu jika dari Timur dapat melewati Bobotsari – Bambangan. Kalau Lo pengen melewati jalur yang paling aman dan dekat, maka pilihlah jalur Bambangan dan Jurangmangu. Jalur Baturaden kurang direkomendasikan karena lokasi medan yang harus dilewati banyak ditumbuhi oleh rumput – rumput liar dan memiliki medan yang terjal serta berbahaya.

Untuk menuju ke lokasi basecamp atau pos di Bambangan, Lo bisa naik bus atau kereta api menuju ke Purwokerto. Begitu tiba di stasiun Purwokerto, di sana ada banyak jasa angkut yang menuju ke Bambangan. Jika melihat ada orang yang turun dari kereta api dengan membawa ransel gunung, biasanya para sopir mobil sewaan akan langsung menyerbu dan menawarkan jasa mereka untuk menuju ke Bambangan. Jika dari Stasiun Purwokerto, jarak yang ditempuh menuju ke Bambangan memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam sampai 2 jam perjalanan.

Perlu diketahui bahwa perjalanan untuk menuju ke puncak Gunung Slamet memerlukan kondisi fisik yang prima karena akan sangat menguras tenaga. Namun semua rasa lelah itu akan terbayar ketika melihat matahari terbit yang indah dari ufuk timur. Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga ini melalui bidikan kamera kesayangan Bro. Selain itu agar Lo nggak sampai melewatkan momen sunrise tersebut, pendakian sebaiknya dimulai saat malam hari sehingga Lo bisa sampai di sana saat pagi hari dan dapat langsung menikmati suguhan panorama sunset.