Kalo Lo Berani, Lo Pasti Bisa Diving di The Pit

Dilihat 126 kali

Diving merupakan salah satu olahraga ekstrem yang kian populer sehingga seolah – olah sudah menjadi aktivitas yang biasa dan menyenangkan. Walaupun demikian, setiap kegiatan diving selalu memberikan tantangan tersendiri. Apalagi setiap spot diving juga memiliki tingkat kesulitan dan daya tarik masing – masing yang memberikan tantangan bagi para divers untuk menaklukannya. Diving di dalam air sambil menyaksikan ikan dan terumbu karang tentu sudah menjadi hal yang sangat umum. Lantas bagaimana jika diving dilakukan sambil menelusuri goa? Wah, pasti tidak banyak divers yang berani melakukannya.

Jika dalam waktu dekat Lo berencana untuk pergi ke Mexico untuk menyelam, mungkin Lo bertanya – tanya dalam hati jenis sertifikat menyelam apa yang perlu dibawa ke sana. Kebanyakan penyelam di Mexico pada dasarnya memerlukan Open Water Certification. Namun sertifikat ini hanya berlaku untuk tempat – tempat menyelam yang sudah umum. Kalau ingin pergi menyelam lebih dalam dan menantang misalnya di The Pit, untuk bisa menyelam di sana Lo setidaknya wajib menunjukkan bukti sertifikat Advance Open Water. Hal ini karena The Pit menawarkan tantangan yang sulit dengan kondisi yang sangat berbeda dengan kebanyakan gua bawah air lainnya.

The Pit bisa dibilang sebagai gua bawah laut yang paling menantang dan penuh petualangan di Tulum. Tetapi usaha keras yang dilakukan untuk masuk ke sana akan memberikan hasil yang setimpal karena ini merupakan salah satu spot diving yang paling spektakuler. Selain itu gua bawah air ini juga diketahui merupakan gua terdalam. The Pit sendiri sebenarnya masih menjadi bagian dari Dos Ojos yang memiliki gua Quintana Roo dengan kedalaman 130 meter.

Pintu masuk untuk menjelajahi gua ini berupa sebuah lubang yang tidak terlalu besar. Namun ketika sudah masuk, goa ini sebenarnya cukup luas. Menyelam sejauh 6 meter ke dalam air sudah akan membuat para penyelam merasa seperti berada di dunia lain. Cahaya matahari dapat menembus masuk perairan di dalam gua ini hingga kedalaman sekitar 30 meter. Tingkat visibilitas di sana cukup terbatas dan terdapat banyak kandungan hydrogen sulfat. Gua ini ditemukan oleh seorang penjelajah gua pada tahun 1999.