Keren Banget, Flores Punya Sawah Mirip Sarang Laba-Laba

Dilihat 568 kali

Liburan ke Flores jangan cuma berkunjung ke Pulau Komodo aja Bro. Disana ada banyak banget lokasi wisata yang nggak kalah keren dan eksotis yang masih sepi pengunjung. Bahkan nggak sedikit spot wisata disana punya keunikan tersendiri dan jadi sorotan turis yang datang. Salah satunya adalah sawah berbentuk ‘sarang spiderman’ bernama Spiderweb Rice Fields atau Sawah Sarang Laba-Laba.

Bentuk sawah yang unik di Indonesia biasanya adalah terasering. Dengan sistem kayak gini, banyak orang dibikin terpesona dengan keindahannya. Nah, Flores juga nggak mau kalah dan punya bentuk sawah yang nggak kalah unik. Bukan berbentuk terasering, tapi berbentuk sarang laba-laba.

Siapapun yang melihat sawah sarang laba-laba ini pasti akan langsung terpesona. Letaknya ada di Kelurahan Cancar, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai. Usut punya usut, sistem sawah kayak gini adalah sistem pembagian lahan sawah tradisional bernama Lingko.

Pusat sawah biasanya dipasang patok kayu yang dipake sebagai poros pembagian lingko. Setiap bagian sawah disana dinamakan Lodok. Meskipun sedikit rumit, tapi nggak sedikit orang terkagum-kagum dengan tradisi turun temurun kebanggaan penduduk Manggarai ini.

Nah, tempat terbaik lihat pemandangan sawah laba-laba adalah dengan melakukan pendakian ke bukit di Kampung Meler. Nggak perlu khawatir, penduduk disana dengan senang hati bakalan nganter lo sampai di pucuk bukit. Waktu pendakian hanya sekitar 10 menitan dan lo bisa langsung lihat sawah dari ketinggian.

Keindahan sawah laba-laba otomatis menarik minat turis buat datang kesana. Nggak cuma turis lokal lho, turis mancanegara pun banyak yang datang ke lokasi wisata yang satu ini.

Jangan heran, kalau lo datang kesana, lo bisa lihat kebanyakan turis sibuk melakukan pemotretan. Nggak sedikit turis yang datang menjadikan sawah laba-laba sebagai background foto selfie mereka. Keren kan?

Meskipun indah, sayangnya tradisi pembagian sawah ini mulai terkikis dengan sistem pertanian yang lebih modern.

Dari sawah laba-laba, petualangan lo bisa dilanjutkan dengan menjelajahi objek wisata di Sumbawa. Serius, semuanya keren-keren lho! Worth to try!