Nggak Cuma Di Inggris, Kembaran Stonehenge Juga Ada Di Bondowoso Lho

Dilihat 176 kali

Pecinta petualangan pastinya udah pernah denger Stonehenge yang ada di Inggris. Bangunan berupa sususan batu zaman Neolitikum ini populer di kalangan traveler karena keunikannya.

Buat lo yang pengen lihat Stonehenge, sekarang udah nggak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Inggris. Ternyata, di Indonesia juga ada kembarannya lho.

Nama spot wisata mirip Stonehenge ini bernama Betoh So’on, atau dalam bahasa Indonesia berarti batu sunggi atau susun. Kabarnya, nama ini adalah pemberian dari masyarakat sekitar untuk objek wisata yang satu ini.

Lokasi Betoh So’on ada di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Bondowoso. Saat lo lihat bangunan ini berdiri sangat gagah sekaligus bisa bikin lo takjub. Bedanya, kalau Stonehenge berdiri di atas rerumputan, kalau Betoh So’on berdiri diantara pepohonan. Tapi tetep sama-sama keren Bro.

Sayangnya akses jalan ke Betoh So’on masih kurang bagus. Jalan arah ke Kecamatan Cermee emang mulus banget, tapi begitu lo masuk wilayah Desa Solor jalur jalannya nggak bagus. Solusinya lo bisa kesana pake mobil aja, soalnya lebih nyaman. Lo juga bisa minta bantuan warga sekitar sebagai pemandu, jangan lupa memberi imbalan yang pantas untuk mereka.

Jalanan yang masih kurang bagus, bisa jadi tantangan yang seru buat pecinta trail dan sepeda. Nggak jarang wisatawan yang pengen ke Stonehenge versi Indonesia menggunakan motor trail atau sepeda. Menantang banget Bro treknya!

Begitu lo nyampe di Betoh So’on jangan heran kalau tempat ini masih sepi pengunjung. Pasalnya, akses jalan yang susah, jalan terjal, plus jarak yang jauh sekitar 3 jam dari pusat kota Bondowoso adalah penyebab utamanya.

Buat masuk ke Betah So’on nggak ada tarif khusus alias masih gratis. Meskipun begitu, lo mesti bayar dengan menjaga kebersihan alam sekitar spot wisata ini.

Meskipun perjalanan ke Betah So’on sangat panjang dan melelahkan, dijamin nggak akan bikin lo cemberut. Soalnya, pemandangan alam sekitar yang masih alami dan indah bisa manjain mata lo saat memandang. Apalagi hampir semua spot di Betah So’on bisa lo jadikan latar foto selfie yang keren banget.

Waktu yang tepat datang ke Betah So’on adalah pagi-pagi. Selain hawanya masih sejuk, lo nggak akan kepanasan dan bikin acara foto-foto lo tanpa hambatan.

Well, dengan sensasi perjalanan dan pemandangan alam yang luar biasa, kayaknya Betah So’on layak banget lo jadikan destinasi wisata di weekend ini.