Panggilan Alam Mendesak? Ini Tips BAB Saat Mendaki Gunung

Dilihat 160 kali

Buang air besar merupakan salah satu masalah yang sering kali dihadapi oleh para pendaki gunung. Masalah BAB sendiri sebenarnya bukan masalah besar jika jarak tempuh pendakian memang tidak terlalu jauh. Namun hal ini akan terasa sangat berbeda saat lo sedang mendaki gunung dengan jalur pendakian yang harus dilalui dalam waktu lebih dari 1 hari. Tentunya masalah BAB ini akan sangat mengganggu, apalagi saat ini di Indonesia sendiri ada banyak lokasi pendakian yang tidak menyediakan WC umum.

Jadi buat bro yang sering mengalami masalah BAB saat mendaki gunung, ada baiknya lo mengikuti beberapa tips berikut.

Bawa Tisu Basah

Tisu basah merupakan salah satu barang yang harus lo bawa saat melakukan pendakian. Tisu tersebut bisa digunakan sebagai pengganti air untuk bersih-bersih setelah BAB.

Jika bro lupa membawa tisu basah, lo juga bisa menggunakan tisu kering yang telah ditetesi air hingga menjadi lembab.

Cari Tempat Buang Air Besar yang Nyaman

Agar bro bisa buang air besar secara nyaman, maka lo harus jeli dalam memilih tempat. Sebelum BAB, perhatikan lokasi sekitar lo dan pilihlah lokasi yang cukup aman. Jangan sampai bro memilih lokasi yang dekat dengan jalur pendakian atau lokasi yang curam dan berbahaya.

Memilih tempat yang curam jelas bisa membahayakan diri lo, sementara memilih lokasi yang dekat jalur pendakian akan membuat lo merasa tidak nyaman karena terganggun dengan para pendaki yang melintasi daerah tersebut.

Untuk BAB ditempat yang nyaman, bro bisa memilih semak-semak yang biasanya jarang dilewati pendaki, atau lo juga bisa memilih tempat-tempat aman yang jauh dari jangkauan penglihatan pendaki lain.

Buat Lubang Galian

Sebelum lo buang air besar, pastikan lo buat lubang galian terlebih dahulu. Galilah tanah dengan kedalaman kurang lebih 10 cm. Lebarnya sendiri bisa lo sesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah selesai BAB, lo harus tutup kembali lubang tersebut dengan menggunakan tanah galian. Pastikan kotoran lo tertutup dengan baik.

Gunakan Matras

Jika lo merasa kurang nyaman saat BAB di semak-semak, maka lo bisa menggunakan matras  yang bro bawa untuk menutupi aktivitas lo.