Petualangan Seru Menyusuri Bangka-Belitung yang Mempesona

Dilihat 415 kali

Kepulauan Bangka-Belitung merupakan sebuah provinsi yang namanya diambil dua kepulauan, Bangka dan Belitung. Provinsi Bangka-belitung dahulu merupakan bagian dari provinsi Sumatera Selatan, namun sejak tahun 2000 menjadi provinsi sendiri, bersamaan dengan provinsi Gorontalo dan provinsi Banten.

Provinsi ini sudah lama dikenal sebagai penghasil timah paling besar di negara kita dan karena itulah dinamakan Bangka berasal dari kata Vangka yang artinya adalah timah yang memang merupakan sumber daya alam terbanyak yang dimiliki oleh provinsi ini.

Timah pada daerah ini ditemukan pertama kali abad 17 dan sejak itulah Bangka menjadi kaya dan terkenal sebagai penghasil timah terbesar indonesia. Sampai sekarang walaupun masih terdapat tambang timah, jumlahnya tidak seperti dahulu di kala masih berjaya. Selain timah, provinsi ini juga memiliki alam yang sangat indah, terutama pantai-pantainya.

Selain dua pulau besar, Bangka dan Belitung, di provinsi ini juga terdapat beberapa pulau kecil, seperti Pulau Selat Nasik, Pulau Lepar, Pulau Mendanau, dan Pulau Pongok. Total pulau yang masih wilayah provinsi ada 470 buah, namun yang berpenghuni hanya 50 pulau saja.

 Bangka-Belitung

Kepulauan yang beriklim ini terdiri atas dataran rendah, rawa-rawa, bukit dan puncak bukit yang memiliki hutan lebat. Di daerah rawanya terdapat hutan bakau sama seperti daerah rawa yang ada di daerah lain di pulau Sumatera.

Namun keistimewaan kepulauan ini baru terlihat saat Anda mengunjungi pantainya yang selain landai dan berpasir putih, juga dihiasi oleh hamparan batu granit. Berbagai kegiatan seru bisa Anda lakukan di sini, mulai dari sekedar menikmati keindahan pantainya, sampai snorkelling, diving, berlayar ataupun berlayar.

Mayoritas penduduk Bangka-Belitung merupakan keturunan Cina yang merupakan keturunan langsung dari para buruh yang dahulu bekerja di tambang timah. Karena banyaknya warga keturunan Cina maka Anda bisa dengan mudah menemukan kelenteng di provinsi ini, seperti kelenteng tertua di pulau ini yang berdiri di Batu Rusa.

Selain di Batu Rusa, Anda juga bisa menjumpai kelenteng yang didekorasi sangat indah di dekat Tayu, sebelah itara Pulau Bangka. Total ada sekitar 55 kelenteng Cina-Budha di provinsi ini dan sampai saat ini masih aktif digunakan.

Bangka-Belitung