Pulau Liwungan, Surga Kecil Di Ujung Utara Pulau Jawa

Dilihat 81 kali

Buat kalian yang suka berpetualang ke pulau-pulau (Island Hopper), Pulau Liwungan di ujung Pulau Jawa ini bisa dijadikan salah satu destinasi pilihan bro.

Pulau ini terletak sekitar 130 kilometer dari Kota Serang, Banten, dan berada dalam satu kawasan wisata Tanjung Lesung yang memang udah populer banget di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Akses ke pulau kecil ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat ataupun roda dua selama 2 jam 50 menit dengan kecepatan rata-rata 60 KM/per jam melalui jalur Jl. Raya Serang – Pandeglang. Akses jalan ke pulau ini sudah sangat baik dengan infrastruktur jalan aspal beton yang cukup memadai dan minim jalanan berlubang. Namun karena harus melalui beberapa titik keramaian, termasuk melalui kota Pandeglang sendiri, perjalanan ke pulau ini mungkin bakalan terasa sedikit agak lama.

Via bantenwisata.com

Dari desa sekitar kawasan wisata Tanjung Lesung, menyebrang ke pulau ini cuma butuh waktu 30 menit dengan menumpang kapal nelayan. Kapal kayu dengan kabin sederhana ini dapat menampung sekitar 12-15 orang.  Mereka mulai mengangkut penumpang sejak pukul 8 pagi dan dapat disewa seharian penuh! Paket yang ditawarkan pun mulai dari Rp500.000 hingga Rp800.000 (termasuk paket Snorkeling) untuk 15 orang.

Sesampai di pulau tak bepenghuni dan masih cukup asri ini, petualangan lo selama seharian penuh bisa diisi dengan beberapa kegiatan berikut:

  1. Snorkeling menikmati panorama bawah laut,
  2. Berenang di air laut yang jernih di sekitar pantai Pulau Liwungan yang berpasir putih,
  3. Trekking keliling pulau yang hanya seluas 50 hektar itu sambil nikmati pemandangan,
  4. Memancing ikan karena air laut di sekitar pulau yang cenderung tenang namun banyak karang.

Setelah puas berpetualang seharian di Pulau Liwungan ini, jangan lupa menikmati panorama sunset yang indah seraya berperahu kembali ke kawasan wisata tanjung Lesung.

Kalau lo berniat bermalam di daerah ini, pilihan penginapan yang ada antara lain homestay hingga resor dengan harga mulai dari Rp350.000 per malam. Gimana, bro? Tertarik nggak?

Featured Image : inibanten.com

Referensi Artikel : travel.detik.com