Punya Cukup Nyali Buat Rafting di Sungai Angker?

Dilihat 110 kali

Karena pulau Jawa merupakan pulau yang dikenal dengan daratan dan perairan, maka sungai sudah menjadi satu dengan gaya hidup suku Jawa dan sekitarnya. Suku Jawa Barat maupun Jawa Tengah sudah sangat familiar dengan sungai, bahkan cerita rakyat yang ada pun terinspirasi dari sungai, lo bisa sebutin beberapa cerita rakyat yang melibatkan sungai sebagai setting.

Nah di Sleman Jawa Tengah tepatnya di Jogja ada sebuah sungai yang dulu dianggap sebagai sungai yang memiliki cerita mistis. Sungai tersebut bernama Sungai Progo. Bagaimana sungai itu dianggap sebagai sumber cerita horor? Dan kok bisa sungai itu justru dijadikan sebagai objek wisata. Penasaran? Berikut detailnya.

Yogyakarta banyak terdapat banyak sungai. Salah satunya adalah sungai Elo atau sungai Progo. Nah sungai Progo salah satu Sungai ini salah satu sungai yang ada di Yogyakarta ini bisa dianggap paling potensial karena memiliki arus yang sedang, dimulai dengan arus tenang sampai bergejolak tak terprediksi. Para provider penyedia rafting pun bermunculan untuk memanfaatkan sungai Progo sebagai aktivitas arung jeram. Nyatanya, banyak cerita-cerita mistis mengenai sungai tersebut sehingga masyarakat semakin tertarik untuk ke sana.

Untuk mencoba kegiatan rafting, kemampuan berenang tidak terlalu diperlukan karena toh lo bakal pakai pelampung. Selain itu helm serta dayung turut memperlengkap perlengkapan. Kalau baru pertama kali mencoba rafting, ga perlu khawatir karena pemandu rafting akan melakukan brifing singkat tentang bagaimana posisi dayung dan posisi badan saat bertemu dengan jeram. Satu poin mendasar yaitu no panik.

Kegiatan ini juga bisa membuat emosi lo menjadi stabil dengan selalu bersiaga kalau-kalau jeram menerjang. Cara duduk dan mencondongkan tubuh pun bisa jadi faktor seimbang atau tidaknya perahu yang ditumpangi. Kalau sudah ada di air, ya modalnya cuma nekad dan bisa mengatur koordinasi tangan untuk mengayuh dayung serta mendengarkan instruksi dari pemandu. Lo juga bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk memanaskan otot-otot lo yang pasti akan bekerja sangat keras saat rafting.

Singkatnya, arung jeram adalah kegiatan yang bisa dilakukan di daerah yang di dominasi sungai. Walaupun sungai Progo dikenal sebagai sungai yang dikeramatkan, jeramnya sangat lengkap untuk para pemula atau pencari tantangan melalui jeram. Lo bisa memilih operator jeram berdasarkan referensi dari temen-temen lo yang sudah pernah mencoba jasa mereka.