Trekking Seru Menuju Air Terjun Sumber Pitu Di Malang

Dilihat 233 kali

Malang terkenal dengan 30 air terjun yang ada disana. Istilah untuk menyebut air terjun di Malang adalah Coban. Nah, salah satu coban paling terkenal di Malang bernama Sumber Pitu.

Lokasi coban Sumber Pitu sangat strategis dan gampang untuk dikunjungi. Objek wisata ini ada di jalur wisata andalan di Kabupaten Malang yaitu akses jalan dari Tumpang menuju Gunung Bromo dan Semeru.

Perjalanan menuju Sumber Pitu meskipun gampang tapi bukan berarti tanpa tantangan. Begitu lo sampai di pintu masuk objek wisata ini, perjalanan lo dilanjutkan dengan trekking menyusuri jalan kecil menurun sejauh 1 kilometer.

Nggak seberapa jauh, lo bakalan sampe di titik pertama yaitu sumber air Sugeng Rawuh. Sesuai dengan namanya, dalam bahasa Indonesia berarti ‘selamat datang’, dan ini sebagai penanda bahwa lo sudah mulai memasuki area yang dituju. Dari kejauhan, lo udah bisa denger suara gemuruh air terjun.

Nggak jauh dari sumber air Sugeng Rawuh, lo bakalan sampai di gapura bambu dan tikungan kecil. Dari titik ini, lo bisa dengan jelas melihat air terjun setinggi 30 – 40 meter di salah satu tebing.

Namanya juga Sumber Pitu, berarti ada banyak sumber mata air yang keluar di lokasi ini. Coba lo naik menyusuri sebuah bukit dengan melewati titian bambu di antara batu-batu vulkanik. Di balik bukit, lo bisa lihat sejumalah mata air yang memancar di sela-sela bukit.

Sumber Pitu punya arus air yang sangat kuat. Nggak heran, beberapa sumber air yang ada disana langsung masuk ke bak penampungan milik perusahaan air minum daerah. Sebagian air lagi dibiarkan mengalir ke hilir.

Meskipun air terjun Sumber Pitu nawarin pesona yang nggak ada duanya, tetap aja punya kekurangan yang harus dibenahi. Keukrangan yang paling parah adalah kondisi jalan dari perkampungan menuju lokasi air tejun masih belum terlalu bagus. Rata-rata berupa jalan tanah yang dilapisi semen. Kalau hujan turun, bisa licin dan berbahaya.

Well, dengan sensasi seru dan pemandangan alam yang indah, boleh jadi Sumber Pitu pilihan utama saat liburan ke Malang. Worth to try!