Berburu Sunrise di Bukit Sikunir, Dieng Plateau

Dilihat 4205 kali

Dieng yang merupakan kawasan daratan tinggi di Jawa Tengah, berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Letaknya di sebelah barat kawasan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng juga menjadi kawasan vulkanik aktif yang memiliki beberapa kepundan kawah.

Tepat di hari Senin, 1 April 2014 kira-kira pukul 14.00 kami meluncur dari Banjarnegara. Butuh waktu perjalanan 2 sampai 3 jam untuk sampai ke daerah Dieng. Saat perjalanan ke Dieng gue melihat juga pos pendakian Gunung Prau dan Gunung Praja.

Bermalam di sebuah losmen sederhana di dekat Terminal Dieng, keesokan paginya. Pukul 04.00 WIB kami bangun lalu mencuci muka ala kadarnya untuk bersiap ke Bukit Sikunir dengan motor sewaan. Jarak dari losmen tempat kami menginap ke Bukit Sikunir kira-kira menempuh waktu perjalanan sekitar 20 menit. Menuju Bukit Sikunir kami melewati Desa Sembungan yang menjadi Desa tertinggi di Pulau Jawa. Pukul 05.00 kami tiba di Bukit Sikunir. Tiba di kaki Bukit Sikunir kami memarkirkan motor lalu berjalan ke puncak Bukit Sikunir. Perjalanan menuju puncak Gunung Sikunir cukup singkat sekitar 20 menit perjalanan. Pukul 05.15 WIB kami sampai di puncak Bukit Sikunir dengan udara yang cukup tipis agak membuat napas kami bertiga ngos-ngosan.

Sampai di puncak aura keindahan Dieng begitu terasa saat melihat semburat cahaya matahari perlahan membentuk garis lurus diatas awan yang bukan main indahnya. Pukul 05.45 WIB sunri semulai terlihat tanpa malu-malu, beruntung cuaca di pagi itu benar-benar keren membuat kami bisa menikmati sunrise dengan kondisi cuaca terbaiknya.