Jalur Trekking Sydney yang Menantang untuk Petualang!

Dilihat 1084 kali

Hey bro sekalian! Ada yang suka jalan gak? Tapi ini bukan jalan-jalan biasa ya. Maksudnya itu jalan-jalan ala petualang alias trekking di alam bebas gitu loh bro! Kalau kalian suka trekking, berarti ada kabar baik nih. Terutama buat kalian yang mau liburan sambil bertualang ke Sydney! Iya Sydney itu nggak cuma buat foto selfie saja di depan Opera House atau di Sydney Harbour Bridge yang terkenal itu.

Sebagai kota metropolitan dan salah satu kota terbesar di Australia, Sydney ini ternyata punya banyak spot untuk memuaskan hasrat petualangan kalian. Terutama buat bro sekalian yang demen banget trekking atau bahkan lari ya! Soalnya Sydney ini bisa dibilang sebagai kota yang dikelilingi dengan banyak taman nasional dan alam bebas. Sebagan besar bisa dijangkau dengan transportasi publik. Serunya lagi, kalau beruntung kalian bisa bertemu dengan kanguru liar deh! Siapa sih yang bakal tahu?

Nah, buat yang mau bertualang ke Sydney, berarti kalian harus cobain 5 walking track yang keren dan menantang di Sydney ini ya!

Wentworth Falls Walking Track

Buat yang suka tantangan, harus banget cobain Wentworth Falls Walking Track ini. Soalnya dari semua walking track yang ada di Sydney, jalur yang satu ini adalah termasuk yang palig menantang. Dan salah satu jalurnya ada yang bisa bikin kaliang ngos-ngos-an. Ini juga merupakan salah satu jalur jalan kaki di Sydney yang di sepanjang jalurnya kalian bisa menikmati pemandangan yang bukan pantai. Ada hutan sub tropis kecil dan air terjun yang bisa dinikmati selama berjalan di Wentworth Falls Walking Track ini.

Jalur utama Wentworth Falls Walking track ini dimulai dari air air terjun Wentworth. Dari sini baru bercabang ke beberapa walking track dengan kategori mudah hingga susah. Nah, buat yang doyan pacu adrenalin, direkomendasikan ambil jalur Wentworth Falls Circuit lewat the Charles Darwin Trail, Wentworth Falls, National Pass, Undercliff/Overcliff Track. Dijamin seru deh kalau lewat jalur itu. Tracknya naik turun, menyusuri bagian bawah dan atas tebing hingga menanjak ditepi air terjun!

Cogee - Bondi Walking Track

Bondi? Maksudnya Bondi Beach yang terkenal dan pernah muncul di acara National Geographic Traveler itu bro? Yak, benar sekali! Bondi yang dimaksud adalah pantai yang super duper terkenal dan ramai ketika musim panas tiba di Sydney. Nah, buat yang belum tahu, Pantai Bondi yang ada di Sydney ini juga merupakan ujung dari salah satu walking track yang paling terkenal di Sydney. Orang setempat mengenalnya dengan nama Cogee - Bondi Walking Track.

Walking track yang satu ini dimulai dari Pantai Cogee yang letaknya beberapa kilometer dari Pantai Bondi. Untuk yang suka trekking santai dengan pemandangan lautan dan pantai-pantai menakjubkan di pesisir Sydney, hukumnya wajib untuk mencoba walking track ini. Jalur ini aka menyusuri pesisir, melewati tepi tebing dan beberapa pantai seperti Tamarama Beach, Clovelly Beach, Bronte Beach dan jalur trekking akan finish di Bondi Beach. Trekker dan penyuka pantai pasti suka mencoba walking track ini.

Spit Bridge - Manly Walking Track

Kalau ngerasa Cogee - Bondi masih kurang jauh, bisa dicoba walking track yang satu ini bro! Namanya dikenal dengan Spit Bridge - Manly Walking Track. Ini adalah salah satu jalur trekking yang bisa dihabiskan dengan waktu sekitar 3-4 jam berjalan kaki. Seperti hampir sebagian besar jalur trekking di Sydney, semua jalurnya sudah ditandai dengan baik. Jadi meski jalurnya ada sebagian yang melewati semak-semak dan tepi hutan, nggak bakalan nyasar deh. Asal, nggak keluar jalur yang resmi ya.

Jalur sejauh sekitar 10 KM ini akan melewati pantai tersembunyi Sydney, semak belukar hingga view point yang bisa bikin "Waow!". Titik awal jalur ini berada di Spit Bridge yang berada di The Spit, di daerah Mosman Suburban. Perjalanan dimulai dengan melewati bagian bawah jembatan, dilanjutkan melewati Clontarf Reserve, Castle Rock beach, Grotto Point Lighthouse dan beberapa tempat keren lain di sepanjang perjalanan. Untuk kalian yang trekking sambil berburu foto, jangan sampai melewatkan beberapa lookout yang ada di jalur ini. Soalnya dari beberapa lookout itu kalian bisa beristirahat sambil menikmati lansekap Sydney.

Royal National Park Walking Track

Kalau royal national park ini memang gudangnya walking track di Sydney bro! Rata-rata walking track yang ada disini bisa diakses dari Sydney dalam waktu tempuh sekitar 1 jam hingga 4 jam. Kalian bisa start dari Bundeena dengan finish Otford atau sebaliknya. Paling gampang sih start pagi hari dari arah Bundeena, dan finish pada sore hari di Otford. Total jarak dari jalur walking track yang akan ditempuh nantinya adalah sekitar 26 Km. Jauh? Pastinya buat yang suka tantangan dan petualangan, jarak segitu sih kecil!

Tentunya kalian nggak akan bosan meski menempu jarak sejauh itu. Soalnya di sepanjang jalur Royal National Walking Track ini kalian bisa menemukan banyak pemandangan cantik, unik nan memukau. Benar-benar jalur petualangan Sydney yang nggak membosankan deh! Selain beberapa view point yang bisa memanjakan mata, di sepanjang jalur trekking ini juga bisa dijumpai tempat unik seperti Wedding Cake Rock, dan Figure 8 Pools! Kalau ke Sydney, dan haus akan petualangan, kalian bisa mencoba jalur trekking yang menantang ini!

Barrenjoey Lighthouse Track

Kalau track ini yang paling gampang dari 4 walking track Sydney sebelumnya bro! Jalur trekking yang satu ini dimulai dari salah satu pantai yang paling indah di Sydney, Palm Beach. Sementara itu pada ujung walking track adalah sebuha mercusuar yang berada di atas bukit dan dikenal dengan naman Barrenjoey Lighthouse. Untuk menuju tujuan akhir tadi, kalian harus menyusuri garis pantai Palm Beach hingga ke ujung dekat bukit. Dari situ baru dimulai jalur menanjak, menyusuri punggung bukit hingga finish di mercusuar. Perhatikan baik-baik ya di tempat terbuka sebelum finish. Soalnya view dari bagian ini adalah yang paling keren! Jangan lupa deh berfoto keren disini! Oke bro!?

Nah, gimana? Setelah mengetahui jalur trekking menantang yang direkomendasikan di Sydney ini, kira-kira kalian mau mencoba jalur trekking yang mana bro? Yang paling gampang? Paling susah? atau paling jauh? Yang mana aja, yang jelas dengan mencoba jalur trekking ini, tentu bisa memuaskan hasrat petualangan kalian! Selamat mencoba, selamat bertualang di Sydney!

Teks dan Foto: Rijal Fahmi