Pulau Lengkuas, Destinasi terindah di Pulau Belitung

Dilihat 149 kali

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau baik pulau besar maupun pulau kecil, salah satunya Pulau Lengkuas. Bagi anda yang menyukai liburan ke pantai, maka pulau yang satu ini wajib anda kunjungi. Liburan ke pulau ini dijamin akan menjadi pengalaman liburan anda yang menyenangkan. Keindahan alam laut Indonesia pun dapat anda rasakan di pulau ini. Nah, berikut ini informasi seputar wisata ke Pulau Lengkuas.

Sudah 5 kali saya ke Pulau Belitung, tetapi akhirnya baru sekarang kesampaian ke Pulau Lengkuas. Bisa dibilang pulau Lengkuas ini adalah salah satu tempat terindah di Pulau Belitung, Ketika ke Belitung saya selalu kurang beruntung entah karena cuaca yang mendung atau pas kebakaran hutan. Sehingga cuaca tidak pernah cerah dan saya mendapatkan cuaca yang cerah dengan langit yang biru di Pulau Lengkuas.

Pulau Lengkuas adalah pulau yang terletak di Kecamat Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau yang satu ini merupakan pulau kecil yang terletak di utara Desa Tanjung Binga. Untuk menuju pulau ini kita dapat menyewa perahu nelayan dari Tanjung Binga, Tanjung Kelayang, dan Tanjung Tinggi.

Waktu yang dibutuhkah untuk menuju pulau ini dari Tanjung Kelayang adalah sekitar 20 menit. Sedangkan waktu tempuh yang dibutuhkan dari Tanjung Tinggi dan Tanjung Binga adalah sekitar 30-45 menit. Namun apabila singgah ke pulau-pulau lainnya, maka waktu untuk menuju pulau ini lumayan panjang.

Pulau Lengkuas ini memiliki alam yang indah, Pulau yang memiliki luas hanya sekitar 1 hektar ini memiliki air laut yang lumayan jernih. Ditambah lagi dengan pasir pantai yang putih, dijamin pulau ini merupakan tempat yang pas untuk hunting foto. Tidak hanya itu saja, yang lebih menarik dari Lengkuas ini terdapat batu-batu granit yang berukuran besar.

Batu-batu tersebut terletak di sekeliling pulau dan dapat dicapai dengan berjalan kaki melintasi sisi tepi pantai dan memanjat batu batuan besar. Kondisi pulau ini juga tidak gersang karena terdapat pepohonan hijau yang tumbuh. Oleh sebab itu jika kamu kepanasan  dapat berteduh di bawah rindangnya pepohonan.

Ikon terkenal dari pulau ini adalah Mercusuar, Mercusuar yang terletak di pulau ini merupakan bangunan tua yang telah berdiri sejak tahun 1882 yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda. Meskipun usianya sudah sangat tua, mercusuar tersebut masih dapat berfungsi dan berdiri dengan kokoh.

Dengan ketinggian sekitar 50 meter, maka mercusuar ini merupakan spot wajib difoto karena Mercusuar ini adalah ikon keindahan pulau Lengkuas secara keseluruhan. Jika sampai kesini ada baiknya untuk naik keatas mercusuar agar kamu bisa menyaksikan pemandangan 360 derajat dari pulau ini. Selain itu anda juga dapat melihat pulau-pulau kecil lainnya yang berada di sekitar pulau ini.

Untuk sampai ke puncak mercusuar, jangan lupa untuk membawa action cam dengan sudut lensa lebar dan jangan lupa juga untuk berselfie ria disini. Pada bagian atas menara terdapat sebuah lampu suar yang tentunya masih berfungsi untuk mengendalikan transportasi laut. Lampu suar tersebut mulai beroperasi pada pukul 05.00 sore sampai pukul 06.00 pagi. Lampu suar ini memiliki sumber listrik yang berasal dari solar panel dan sebuah mesin genset.

Setelah puas menjelajah mercusuar tua di pulau ini, anda pun dapat menikmati spot selanjutnya yaitu kolam bidadari. Kolam yang kadang muncul ketika laut pasang atau habis hujan, ini merupakan kolam yang terbentuk dari batu-batuan granit sehingga air laut berkumpul di kolam tersebut. aktivitas lainnya seperti snorkeling kamu bisa membawa perlengkapan snorkeling sendiri.

Namun apabila tidak memiliki perlengkapan snorkeling, kamu dapat menyewanya. Setelah puas snorkeling saatnya menikmati buah kelapa yang tersedia di warung-warung yang berada di pulau.

Fasilitas yang dimiliki pulau Lengkuas ini terbilang cukup baik. Terdapat fasilitas toilet dan kamar mandi umum di pulau ini. Sesudah snorkeling gausah khawatir karena tersedia kamar agar dapat berganti pakaian. Namun di pulau ini tidak terdapat penginapan, Penginapan terdekat dari pulau ini yaitu terletak di pantai Tanjung Kelayang atau Pantai Tanjung Tinggi.

Saat yang terbaik untuk mengunjungi pulau ini sekitar bulan Juni sampai agustus. dikarenakan pada bulan-bulan tersebut sudah memasuki musim kemarau sehingga cuaca di pulau ini juga bagus dengan langit birunya yang bagus untuk memotret landscape.

Pulau Lengkuas salah satu destinasi favorite saya di Belitung, karena Pulau Lengkuas menurut saya adalah destinasi paling indah di pulau Belitung.