Ngebolang Ke Thailand? Yuk Cicipi Buah Khas Negeri Gajah Putih Ini

Dilihat 118 kali

Thailand merupakan salah satu negara Asia Tenggara dengan industri agrikultur yang cukup maju. Nggak heran kalau akhirnya banyak produk buah-buahan dari Negeri Gajah Putih ini begitu mendunia, utamanya karena bentuk fisiknya yang besar dan rasanya sangat manis.

Walaupun hampir semua buah-buahan di sini bisa juga Lo temukan di Indonesia, tapi setidaknya buah-buahan ini wajib Lo cicipi saat main ke Thailand.

Durian

Jika Malaysia punya Musang King, Thailand punya Durian Bangkok  yang terkenal karena aromanya yang super harum dan daging buahnya yang super tebal. Ciri khas buah ini adalah warnanya yang kuning keemasan dengan tekstur creamy dan rasanya yang super manis.

Menariknya, Durian Bangkok nggak mengenal musim alias bisa sepanjang tahun. Tapi biasanya, puncak panen Durian Bangkok berada di bulan April s/d Agustus.

Aneka jambu

Nggak beda jauh dengan di Indonesia, berbagai jenis jambu pun tumbuh subur di Thailand. Menariknya, hampir semua jenis jambu ini sangat manis dengan tekstur yang cukup lembut.

Contohnya untuk Jambu klutuk, buah yang satu ini bertekstur sedikit garing. Sedangkan untuk jambu bol, jambu ini terasa lebih lembek dan jambu air yang tekturnya lebih kering dengan airnya yang cukup banyak. Mengenai panennya, musim jambu di Thailand bisa berlangsung sepanjang tahun.

Asam jawa manis

Buah yang satu ini sering disebut tamarin atau ma kham wan dalam bahasa Thailand. Kulit buah asam ini garing dengan isian yang cukup lembek. Jika di Indonesia asam jawa biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, di Thailand justru Asam Jawa kerap disantap langsung.

Mengenai rasanya, Asam Jawa Manis khas Thailand ini punya rasa manis dan asam yang cukup kental, dengan tekstur yang cukup lembek.

Mangga

Di Indonesia, buah mangga biasanya disantap langsung atau dibuat jus. Sementara di Thailand, buah yang biasanya disebut Mamuang ini biasa disantap dengan ketan yang disiram santan atau susu, atau biasa disebut dengan mango sticky rice.

Beda dengan mangga di Indonesia, buah mangga di sini punya daging bertekstur lembut dan kulit yang sama kuningnya dengan bagian dagingnya. Gimana bro, buah mana yang menarik perhatian Lo?