Sensasi Makan 'Buah Dari Surga', Gimana Rasanya ya?

Dilihat 112 kali

Melihat tampilan fisiknya, Lo nggak bakalan bisa membayangkan jika ini buah dari surga. Dengan tampilan luar berwarna oranye kemerahan dan duri tumpul yang memenuhi permukaannya, buah ini terlihat sedikit menyeramkan ketimbang menggugah selera.

Terlebih ketika dibuka, Lo bakalan menemukan bagian daging yang sangat mirip dengan isian markisa, tapi warnanya merah darah. Inilah buah Gac, yang dikenal juga dengan nama fruit from heaven alias buah dari surga. Well, kira-kira apa yang membuatnya dijuluki begitu agung ya?

Walaupun tergolong buah langka dan hanya ditemukan di beberapa wilayah, seperti Thailand, Vietnam, Kamboja dan Myanmar, tapi Lo bisa menemukannya dengan mudah di lapak-lapak penjual di Saturday Night Market di Chiang Mai, Thailand.

Selain itu, buah ini pun hanya tumbuh selama dua bulan dalam setahun. Umumnya sih bulan Desember dan Januari saja. Selain itu, rasa Gac pun tergolong tidak istimewa. Manis tapi lebih didominasi rasa asam dengan tektur yang cukup lembut, sedikit mirip dengan markisa.

Di pasar malam ini, satu botol jus buah Gac hanya dibanderol harga 400 baht atau sekitar 15 ribuan saja. Terkadang, karena rasanya yang lebih dominan asam, banyak penjual yang kemudian mencampur buah ini dengan markisa sebagai pemanis tambahan.

Kalau bentuk dan rasanya yang nggak istimewa, lantas kenapa buah ini dijuluki sebagai buah dari surga? Nah bro, untuk masalah ini, konon katanya khasiat buah Gac lah yang begitu istimewa.

Konon katanya, dalam buah ini terkandung beta-carotene alias vitamin A, lycopene dan lainnya. bahkan kandungan beta-carotene dalam Gac jauh lebih tinggi ketimbang wortel dan ubi ungu. Selain itu, kadar gula dari buah ini sangat rendah, dan diklaim efektif mengobati kanker.

Buat Lo yang nggak berpantangan dengan gula, jus Gac memang lebih nikmat jika dicampur dengan gula. Tapi buat yang berpantangan dengan gula, sebaiknya konsumsi buah ini bersama bubuk kayu manis atau bisa juga dengan tambahan madu murni.

Selain itu, buah Gac pun lebih menyegarkan jika dikonsumsi dalam kondisi dingin. Gimana bro, tertarik mencicipi buah dari surga ini?