Varian Baru Kopi Rasa Jengkol. Berani Coba?

Dilihat 90 kali

Walaupun meninggalkan aroma yang kurang sedap, harus diakui jika jengkol merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Sementara itu, kopi merupakan minuman favorit orang Indonesia dengan berbagai varian olahannya yang cukup menarik.

Bagaimana jika kedua makanan tersebut disatukan?

Serius bro, baru-baru ini ada sebuah warung yang menawarkan varian kopi unik, yakni kopi rasa jengkol. Pelakunya adalah Fatoni, pemilik warung makan Republik Jengkol yang berlokasi di Jl Kerja Bakti No 16B, atau lebih tepatnya di depan Masjid Jami Attarbiyah, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Selain memberikan sensasi rasa yang unik, Fatoni menyebut jika kopi jengkol banyak diburu karena dipercaya bisa meningkatkan stamina pria dewasa.

FYI, Republik Jengkol sendiri sebenarnya bukan hanya sekedar kedai kopi, tapi juga bisa beralih jadi warung makan dengan menyuguhkan beragam hidangan yang berbahan dasar jengkol. Contohnya nasi goreng, tongseng jengkol, pasta jengkol dan tentu saja kopi jegkol.

Mengenai munculnya ide membuat kopi jengkol, Fatoni menyebut jika ide ini muncul secara tiba-tiba. Bahkan dalam percobaannya, dirinya mengaku sering meminta pendapat pengunjung dan warga sekitar. Luar biasa, ternyata kopi jengkol ini disukai banyak orang.

Terus, gimana cara membuat kopi jengkol ini?

Mengenai proses pembuatannya, Fatoni menyebut jika jengkol yang dicampur dengan kopi merupakan jengkol yang sudah melewati beberapa proses, dari mulai direndam dulu, kemudian di kukus bersama dengan rempah-rempah khas Indonesia.

Setelah itu, jengkolnya disangrai hingga kering, kemudian dihancurkan hingga bubuk. Nah, bubuk jengkol inilah yang nantinya akan dicampurkan bersama dengan kopi. Idealnya, takaran kopi jengkol ini satu sendok kopi untuk setengah sendok bubuk jengkol.

Saat diseduh, aroma jengkol yang banyak dibenci orang justru kalah oleh aroma kopi yang begitu menenangkan. Sementara untuk rasanya, sari jengkol memang terasa begitu kuat, tapi tetap rasa pahit kopilah yang jauh lebih dominan.

Untuk mencicipi kuliner unik ini, Lo hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 10 ribuan untuk secangkir kopi jengkol. Gimana bro, tertarik untuk mencicipi kuliner unik ini?