5 Hal Berharga Inilah yang Akan Kamu Dapatkan Dari Berpetualang

Dilihat 307 kali

Mengingatkan untuk Selalu Bersyukur

Berpetualang bisa mengingatkan kita semua untuk selalu bersyukur dengan kehidupan yang kita jalani. Dengan berpetualang ke berbagai destinasi yang berbeda, dalam maupun luar negeri, kamu akan bisa menyaksikan secara langsung kehidupan warga yang tinggal di destinasi yang kamu tuju.

Contohnya, saat berpetualang ke Papua, kamu bisa menyaksikan bahwa kondisi warga di sana yang mungkin saja tidak seberuntung dirimu yang tinggal di kota besar dengan berbagai fasilitas yang selalu memanjakanmu.

Berpetualang

Dengan berpetualang, kita semua bisa sadar bahwa hidup bukan hanya uang, harta maupun pangkat. Bagaimana kita memaknai hidup ini dengan rasa syukur dalam setiap kondisi dan situasi juga sangat penting untuk dilakukan.

Meningkatkan Kepekaan Kita

Saat berpetualang, kamu akan menyaksikan banyak hal yang berbeda. Perbedaan tersebut akan membuka mata kita bahwa teryata dunia itu berbeda dan unik. Tidak harus keluar negeri, karena di dalam negeri sendiri kita sudah bisa menyaksikan kehidupan yang berbeda di tiap pulau atau daerah.

Menyaksikan dengan mata kepala sendiri realita hidup di berbagai destinasi yang beragam sudah pasti akan melatih kepekaan kita. Mungkin kamu akan sedikit iri jika menjelajahi negara yang lebih maju dengan tingkat kehidupan yang lebih baik dari negara kita.

Tapi kamu juga bisa dibuat bersyukur saat menyaksikan kehidupan bangsa yang belum semaju Indonesia dan memiliki kehidupan yang tidak seberuntung kita di Indonesia. Melihat hal bagus dan buruk akan membuat kita menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

Kemampuan Beradaptasi Meningkat

Berpetualang ke destinasi (tempat)baru dengan bahasa yang berbeda dan suasana yang berbeda pula akan menuntut kita semua untuk bisa beradaptasi. Mungkin awalnya kamu akan sedikit kaget saat menyaksikan budaya yang sangat berbeda dan sangat asing, tapi bukan berarti kamu tidak bisa beradaptasi.

 Berpetualang

Tidak cuma suasana dan bahasa yang berbeda, karena seringkali makanan yang mereka konsumsi juga sangat asing bagi lidah kita sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus beradaptasi dengan makanan tersebut karena kamu tentu tidak akan mampu berpetualang tanpa makanan.

Berat di awal tapi yakinlah kamu akan mulai terbiasa dan akan mulai bisa beradaptasi dengan tempat yang kamu jelajahi tersebut.

Menambah Sahabat

Mendapat sahabat baru sudah pasti menjadi hal yang terbaik yang mungkin saja kamu dapatkan saat berpetualang seorang diri maupun bersama para sahabat karibmu. Peluang untuk mendapat sahabat saat berpetualang selalu terbuka lebar.

Mungkin pada awalnya hanya berjumpa secara kebetulan, tapi siapa tahu jika dari pertemuan yang kebetulan ini kemudian meningkat menjadi sebuah persahabatan yang erat. Mendapat kenalan atau sahabat baru pasti akan membuat petualangan menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Berpetualang

Satu kuncinya jika kamu mau mendapatkan kenalan atau sahabat saat berpetualang, yaitu selalu bersikap ramah dan tidak ragu untuk terlebih dulu menyapa.

Mendapat Banyak Pengalaman dan Kenang-Kenangan

Dengan berpetualang kamu akan mendapatkan banyak pengalaman berpetualang. Jangan remehkan pengalaman berpetualangmu karena kamu bisa pakai pengalaman tersebut untuk mencari kerja. Bagaimana caranya? Contoh sederhananya jika kamu berpengalaman mendaki, kamu bisa bekerja menjadi pemandu.

Berpetualang

Selain bisa menjadi mata pencaharian, jika kamu hobi menulis di blog, kamu bisa tuangkan ke dalam tulisan di blog milikmu. Selain bisa berbagi cerita, kamu juga bisa mendapat uang dari sini jika ada pihak yang tertarik memasang iklan di blog atau bahkan mungkin saja kamu ditawari untuk narasumber berkat pengalamanmu.

Kamu juga bisa menjadikan pengalamanmu dalam berpetualang menjadi cerita yang menarik untuk diceritakan kepada anak cucumu kelak.