Begini Kerennya Dasar Laut Great Blue Hole Bro

Dilihat 666 kali

Ada banyak kegiatan seru yang bisa lo lakuin di pantai dan laut. Mulai dari sekedar berjemur di pinggir pantai, surfing, snorkeling dan diving. Nah yang terakhir ini yang paling gokil karena lo bakalan bisa nyelem di alam bawah laut yang sangat luas dan seakan nggak ada batasnya.

Negara kita punya banyak banget spot keren buat diving. Nama-nama seperti Raja Ampat, Bunaken, Wakatobi dan beberapa perairan di pulau dewata cuma beberapa dari sekian banyak alam bawah laut keren yang dipunya ama negara kita bro. Bahkan salah satu spot menyelam di negara kita Wakatobi udah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1996.

Nah untuk spot surfing dunia, ada beberapa spot yang keren dan wajin diselami oleh lo yang hobi diving. Salah satunya merupakan lubang buangan air terbesar yang ada di pesisir Belize dan disebut dengan nama “The Great Blue Hole.” Ini spot gokil abis dan lo yang hobi nyelem wajib nyambangin ini tempat bro.

Sedikit sejarah tentang The Great Blue Hole, lubang yang terbentuk sejak zaman es saat permukaan laut lebih rendah ini menurut analisis penemuan terjadi  sekitar 15.000 sampai 153.000 tahun yang lalu. The Great Blue Hole bentuknya bulat sempurna dengan ukuran lebih dari 1.000 kaki (305 meter) dan punya kedalaman 480 kaki (146 meter).

The Great Blue Hole diperkenalkan pertama kali oleh Jacques-Yves Cousteau di tahun 1971. Ia membawa kapal Calypso dan kapal selam untuk memeriksa kedalaman dan stalaktit yang ada di dinding lubang. Menurut beberapa sumber, Cousteau harus kehilangan putranya yang bernama Philippe di lubang ini ketika penelitian berlangsung. Tapi ternyata itu cuma gosip belaka karena ternyata putranya meninggal dalam sebuah kecelakaan helikopter di tempat lain.

Karena menjadi sebuah fenomena geografis yang sangat langka di tahun 1997 The Great Blue Hole dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia sekaligus menjadi Monumen Nasional Belize. Keajaiban The Great Blue Hole juga dilindungi oleh Belize  Audubon Society sampai sekarang.

Penasaran kayak apa alam bawah laut di The Great Blue Hole? Intip aja dulu video yang ada di atas artikel ini bro dan kalo lo udah punya dana yang cukup plus lisensi menyelam internasional baru deh lo boleh ngejajal serunya menyelam di sana.