Cara Pakai Masker dan Snorkel Nih Bro

Dilihat 681 kali

Pasti udah banyak dari lo yang tau kalo sebagian besar wilayah negara adalah lautan yang sangat luas. Jadi sayang banget kalo kita nggak nikmati anugerah Yang Maha Kuasa itu bro. Ada banyak kegiatan seru yang bisa lakuin di lautan seperti scuba diving dan snorkeling.

Untuk scuba diving seperti agak sulit karena selain butuh keahlian khusus, peralatan yang dipake juga banyak banget. Scuba diving juga butuh lisensi atau sertiikat diving yang membutuhkan dana yang nggak sedikit buat dapetinnya.

Nah buat lo yang dana yang seberapa banyak tapi mau nikmati keindahan lautan Indonesia, snorkeling di permukaan laut adalah solusinya. Snorkeling nggak butuh keahlian khusus, karena mereka yang nggak bisa berenang juga bisa nikmatin snorkeling karena bisa pake jaket pelampung.

Nggak butuh kemampuan khusus emang, tapi ada beberapa hal yang harus lo ketahui sebelum snorkeling dan salah satunya adalah cara memakai masker dan snorkel. Untuk masker, sesuain dengan wajah lo karena pemakaian masker yang nggak tepat bisa membuat air masuk ke dalam masker dan udah pasti kenikmatan lo bakal berkurang.

Sedangkan untuk pemakaian snorkel yang biasanya sudah satu pake dengan maskernya sebaiknya dilatih dulu di atas kapal atau daratan karena beda dengan bernapas biasa, bernapasas dengan snorkel lo cuma bisa memakai mulut aja bro. Latihan di kolam renang air tawar juga disarankan supaya lo terbiasa dengan peralatan snorkel sebelum terjun langsung ke lautan.

Selain masker dan snorkel, peralatan yang lo perluin buat snorkeling adalah fin atau orang indonesia nyebutnya dengan nama kaki katak. Fin ini wajib sesuai dengan ukuran kaki lo ya bro, jangan terlalu sempit atau pun terlalu longgar.

Nah setelah cara memakai peralatannya lo udah paham, sekarang gimana sikap lo saat mulai masuk ke dalam laut. Pertama, jangan gugup, pake baju yang terang dan cobalah dulu di bagian yang dangkal terlebih dulu. Ikuti semua instruksi dari pemandu dan tetap dalam rombongan ya bro biar lo lebih dan kalo terjadi apa-apa bisa langsung mendapat pertolongan.

Nggak susah kan bro? Nah buat lo yang udah jago snorkeling dan mau tahu lebih lanjut cara pake masker dan snorkel buat kegiatan menyelam freedive bisa nyaksiin tipsnya di video yang ada di bagian atas artikel ini.