Freedive, Sekelas di Atas Snorkeling

Dilihat 1808 kali

Pernah nikmatin alam bawah laut dengan snorkeling apa belum bro? Nah kalo lo udah sering mungkin inilah saatnya lo belajar tingkat lanjut dari snorkleing, freediving. Beda ama snorkeling yang cuma bisa nikmatin indahnya bawah laut di permukaan air laut aja, freediving ini lo bisa menyelam sampai ke dalam alam bawah laut bro. Pokoknya lebih gokil deh bro.

Freedive adalah kegiatan nyelam dengan satu tarikan napas aja. Karena itulah buat lo yang mau menjajal kegiatan ini, pastiin dulu kapasitas dan kekuatan paru-paru lo kuat. Nggak cuma fisik, pikiran lo pun harus sama-sama bisa diandalkan waktu melakukan freedive, bro supaya freedive terasa lebih seru dan maksimal.

Sama ama snorkeling yang nggak butuh lisensi, freedive ini juga nggak butuh yang namanya lisensi kayak scuba diving. Tapi tetep semua faktor keselamatan perlu dan kudu lo jadiin prioritas untuk menekan risiko terjadinya kecelakaan ya bro.

Teknik pernapasan adalah teknik  paling penting yang perlu dilatih dalam freedive. Freedivers wajib menguasai teknik ekualisasi dan menahan napas yang benar supaya keselamatan dan keamanannya waktu berada di bawah air tetap terjaga. Kalau udah dikuasai dengan baik, bukan nggak mungkin freediver bisa nyelam sampai kedalaman 100 meter.

Untuk peralatan freediving nggak banyak, mirip snorkeling. Lo cuma perlu memakai low-volume-mask yang bisa menurunkan tekanan air dan satu lagi snorkel yang bisa ngebantu para freedrivers saat di permukaan.

Lalu, fins buat freedving punya bilah yang jauh lebih panjang dibandingkan scuba diving atau snorkeling. Untuk pakaiannya, freediver biasanya memakai baju renang atau wetsuits sama kayak scuba diving.

Supaya lancar, Nih beberapa safety tips buat bro yang mau ngejajal freediving.

  1. Jangan freedive sendirian, apalagi kalo ini adalah pengalaman pertama lo. Pastikan ada orang berpengalaman yang menemani lo ya bro.
  2. Ikutin semua perintah atau langkah-langkah yang diberitahu para pemandu.
  3. Latih semua teknik yang diperlukan dalam freedive sampai benar-benar menguasainya. 4. Jangan malu bertanya dan minta bantuan mereka yang udah ahli.