Asyik Bro, 2 Tahun Lagi PC Bakalan Lebih Ngebut Lho!

Dilihat 76 kali

Walaupun generasi Komputer dekstop alias PC sekarang ini sudah cukup gahar, faktanya kecepatan itu bukan hal yang istimewa. Pasalnya, diperkirakan PC keluaran tahun 2019 nanti bakalan dua kali lebih ngebut ketimbang generasi PC saat ini. Wow, kenapa bisa seperti itu?

Usut punya usut hal ini terjadi karena kehadiran standar memori baru, yakni DRAM DDR5. Hal ini siungkapkan oleh JEDEC, sebuah organisasi pembuat standar memori PC, yang menyebut jika finalisasi desain DRAM DDR5 akan segera selesai tahun 2018 mendatang.

Walaupun begitu, desain baru tersebut tidak akan langsung bisa direalisasikan. Rencananya, vendor PC di seluruh dunia baru akan melakukan riset setelah proses finalisasi selesai, hingga akhirnya bisa digunakan setahun kemudian atau pada tahun 2019 mendatang.

Dilansir dalam PC World, DDR5 sendiri akan jadi penerus standar memori DDR4, dimana memori ini sekarang sudah banyak digunakan kebanyaan komputer personal ataupun server. Bahkan secara khusus, JEDEC menyebut kecepatan dan tingkat efisiensi DDR5 dua kali lebih baik ketimbang DDR4.

Keunggulan lainnya, memori DDR5 akan dibekali dengan densitas dua kali lebih padat ketimbang memori DDR4. Sayang bro, hingga kini belum diketahui pabrikan memori mana yang akan lansgung menelurkan DDR5 untuk pertama kali.

Mencari pembanding

Di sisi lain, banyak vendor teknologi yang sekarang sedang berusaha menciptakan memori baru sebagai pesaing DDR5. Misalnya saja Intel yang akan mulai mengirim memori DIMM Optane tahun 2018 mendatang sebagai pengganti DRAM DDR.

Optane sendiri diklaim punya sejumlah keunggulan, diantaranya mampu menyimpan data walaupun komputer sedang dalam kondisi mati. Kemampuan inilah yang tidak dimiliki oleh DRAM DDR, walaupun dari segi kecepatan sudah dinilai cukup baik.

JEDEC mencatat kebutuhan akan memori DDR5 diprediksi akan meningkat tajam di tahun-tahun mendatang. Hal ini berkaitan dengan lahirnya beberapa aplikasi, terutama aplikasi penanganan database yang kini sudah mulai beralih ke pemrosesan dalam memori atau in-memory processing lebih besar.

Yang jadi pertanyaan, apakah kecepatan DDR5 atau produk pesaing akan mampu meningkatkan gairah pasar PC yang sekarang sudah mulai meredup?