Biar Awet, Ini Waktu Terbaik Isi Ulang Baterai Smartphone

Dilihat 1016 kali

Masalah baterai merupakan masalah klasik yang hingga kini masih diderita banyak pengguna smartphone. Terlebih saat ini kebanyakan produk smartphone sudah mengusung teknologi baterai yang ditanam, sehingga saat baterai smartphone rusak, upaya perbaikannya dipastikan lebih sulit dilakukan.

Sebelum hal ini terjadi, tentu saja Lo wajib menjaga agar baterai smartphone Lo tetap awet. Tapi yang jadi pertanyaan, gimana cara merawatnya?

Dilansir dalam Forbes, Mark Carlson, engineer senior di Motorola, menerangkan jika baterai smartphone sebenarnya bisa tahan lama dengan catatan, Lo harus merawatnya dengan baik.

Misalnya saja, dilarang keras menggunakan charger yang bukan original pabrikan merek smartphone Lo,  jangan menggunakan smartphone untuk kinerja berlebih, dan pastikan menjaga suhu smartphone tetap dalam batas maksimal. Idealnya, suhu maksimal smartphone adalah 40-70 derajat celcius.

Langkah lainnnya yang nggak kalah penting adalah, men-charge baterai smartphone di waktu dan cara yang tepat. Lebih lanjut lagi, sebaiknya jangan change baterai smartphone selama semalaman. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah baterai over charging.

Catatan lainnya, sebaiknya isi ulang baterai smartphone saat menuju kosong (idelanya dibawah 20 persen) dan jangan terlalu sering membiarkan smartphone tetap hidup hingga baterai habis. Selain itu, pastikan Lo nggak mengisi baterai smartphone saat dayanya masih tersisa diatas 40 persen.

Bagaimana jika smartphone akan diajak beraktivitas di luar ruangan?

Mengenai hal ini, Carlson sangat menyarankan pengguna untuk membawa powerbank dengan kapasitas daya yang cukup besar, atau membawa lebih dari satu powerbank dalam kondisi baterai penuh. Selain itu, usahakan merek powerbank yang Lo gunakan sesuai dengan merek smartphone yang dimiliki.

Alternatif lainnya, Lo bisa memilih merek smartphone dengan kapasitas baterai yang besar, gunakan mode penghemat baterai saat beraktivitas di luar ruangan, dan pilih smartphone dengan fitur fast changing alias isi ulang cepat.

Saat melakukan pengisian ulang, Carlson menyarankan Lo untuk tidak mencabutnya saat daya belum penuh. Menurutnya, sebaiknya biasakn smartphone me-charge baterai hingga benar-benar penuh. Dan setelah penuh, segera cabut charger dan smartphone pun bisa Lo gunakan. Gimana, sederhana bukan?