Dipasar Jepang, Nintendo Switch Kalahkan Penjualan PS4!

Dilihat 38 kali

Nintendo baru-baru ini mengungkap jumlah penjualan Switch di Jepang. Menariknya, dari angka yang diungkapkan tersebut, ternyata perangkat konsol Nintendo teranyarnya ini berhasil menyalip jumlah penjualan yang diraih sang kompetitor, PlayStation 4.

Dilansir dalam Forbes, hanya dalam waktu 4 minggu alias a bulan sejak mulai dijual di Jepang, Nintendo Switch berhasil terjual sebanyak 519.504 unit di Jepang. Jika dibandingkan dengan PS4, Sony hanya mampu menjual perangkatnya sebanyak 439.810 unit di Jepang.

Untuk menyentuh angka 519 ribu unit di Jepang, bahkan Sony harus menunggu hingga 8 minggu alias 2 bulan. Jelas ini prestasi penjualan yang cukup fantastis untuk sekelas konsol baru.

Angka penjualan Nintendo Switch di Jepang tersebut masih belum mampu menggeser angka penjualan Nintendo Wii U ketika konsol tersebut pertama dirilis. Ketika itu, Nintendo berhasil menjual Wii U hingga 557 ribu unik dalam waktu satu bulan.

Walaupun begitu, kita nggak bisa membandingkan penjualan Nintendo Switch dan Wii U secara langsung. Mengingat ketika itu, Wii U pertama dijual ketika musim liburan. Hal ini terbukti dengan merosotnya penjualan Wii U di Jepang setelah musim liburan berkahir.

Dengan modal angka penjualan Switch yang tergolong fantastis, harusnya Nintendo sudah bisa menekan para developer game untuk membuat game yang lebih menjanjikan untuk konsolnya tersebut.

Terlebih sekarang ini ongkos pembuatan game untuk Switch disebut lebih rendah ketimbang biaya yang harus dikeluarkan saat para developer ini membuat game untuk PS4. Pasalnya, game-game untuk Nintendo Switch memang masih tergolong lebih ringan ketimbang game untuk PS4.

2,4 Juta Unit Dalam Sebulan

Nggak cuma di Jepang, penjualan Nintendo Switch pun berjalan sukses secara global. Pasalnya, hanya dalam waktu 1 bulan sejak pertama diluncurkan, laporan terbaru menyebut jika konsol hybrid ini berhasil terjual hingga 2,4 juta.

Informasi penjualan ini secara langsung disampaikan oleh lembaga analis independen SuperData. Dengan kata lain, angka penjualan tersebut merupakan hasil penelitian, bukan data resmi yang dikeluarkan oleh pihak Nintendo. Gimana bro, minat ikutan memberi Nintendo Switch?