Gimana Sih Cara Kerja Night Vision Di Suatu Kamera?

Dilihat 896 kali

Mengambil gambar dengan cahaya yang minimal memang membutuhkan trik-trik khusus ya bro. Kalau lo hanya mengambil gambar dengan cara biasa sudah pasti gambar yang lo hasilkan akan gelap dan nggak keliatan jelas objeknya. Cara yang bisa lo lakukan untuk bisa mendapatkan gambar dengan bentuk dan rupa objek yang jelas adalah dengan mengaktifkan mode night vision pada kamera lo. Lo pasti pernah liat video-video yang diambil dalam kegelapan dan hasil gambar yang terlihat warnanya hijau, atau objek yang tertangkap kamera ditampilkan dengan warna-warna kuning hijau dan merah. Nah itu adalah beberapa hasil gambar yang menggunakan kamera night vision bro. Mau tahu gimana cara kerja kamera night vision?

Optimalisasi cahaya

Kamera dengan mode night vision akan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan cahaya dari sumber-sumber yang nggak bisa ditangkap oleh kamera biasa. Sumber-sumber cahay tersebut misalnya cahaya yang berasal dari bulan, bintang, atau lampu yang ada di sekitar objek. Nah dari cahaya-cahaya yang lemah ini, kamera akan mengumpulkan cahaya tersebut dan meningkatkan intensitasnya sehingga lensa bisa menangkap objek dengan lebih jelas. Selain menggunakan teknik pengumpulan cahaya ini, kamera night vision juga bisa menggunakan infra red yang prinsipnya adalah mengumpulkan gelombang elektromagnetik yang nggak bisa ditangkap oleh manusia.

Memanfaatkan tenaga listrik untuk membuat objek lebih terang

Sebuah gitar listrik nggak akan bisa menghasilkan suara yang membahana mengisi sebuah stadion jika bukan karena amplifier yang dipasang pada gitar. Amplifier ini fungsinya adalah membuat tenaga listrik yang dihasilkan oleh gitar menjadi lebih besar sehingga bisa didengar banyak orang. Karena kemampuan membesarkan daya inilah unsur listrik diperlukan dalam kamera night vision.

Prinsip cara kerja kamera night vision adalah partikel warna dan cahaya objek yang masuk ke dalam lensa kemudian cahaya diubah menjadi listrik, listrik dibesarkan intensitasnya, lalu listrik dikembalikan lagi jadi cahaya yang juga ikut menjadi lebih tinggi intensitasnya. Prinsip cara kerja ini yang menjadi dasar bagi para penemu untuk merancang kamera atau perangkat optik lainnya untuk memiliki kemampuan melihat dalam gelap.

Komponen utama dalam kamera night vision

Saat ini teknologi kamera night vision semakin canggih bro dengan fitur-fitur dan spesifikasi yang beda satu sama lain untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih terang meski diambil dalam keadaan gelap. Tapi pada dasarnya, cara kerja kamera night vision ditentukan oleh komponen dasar berikut ini:

- Cahaya yang masuk melalui lensa disebut dengan photons yang terdiri dari banyak warna

- Photons ini kemudian mengenai permukaan yang sensitif terhadap cahaya yang disebut photocathode yang fungsinya adalah mengubah photons menjadi electrons.

- Electrons ini kemudian dikuatkan atau dibesarkan dengan menggunakan photomultiplier yang kemudian menghasilkan lebih banyak electrons.

- Electrons yang sudah diperbanyak jumlahnya ini kemudian mengenai permukaan phosphor screen di mana pada layar ini mengubah electrons menjadi cahaya yang lebih terang dibandingkan cahaya atau photons yang masuk dari lensa tadi.