Keong Mak Kiwil, Kuliner Sederhana dan Legendaris Asal Pemalang

Dilihat 35 kali

Keong sawah alias tutut memang sudah cukup lama dikenal sebagai kuliner dengan rasa yang super gurih. Selain dimasak dengan bumbu kuning, keong sawah pun kerap diolah dengan cara ditumis, digoreng bersama sangrai kelapa parut dan lainnya.

Nah, kalau Lo saat ini sedang main ke Pemalang dan ingin membuktikan kelezatan keong sawah ini, tempat pertama yang harus Lo kunjungi adalah Warung Keong Mak Kiwil.

Bukan tempat sembarangan bro, Warung Keong Mak Kiwil merupakan salah satu warung dengan signature taste yang sangat kental. Bahkan pelanggannya bukan cuma orang biasa, banyak juga pejabat yang ketagihan untuk terus menyantap sajian spesial di warung ini.

Adalah Mak Kiwil, sosok utama dibalik kelezatan olahan tutut di Warung Keong Mak Kiwil. Walaupun sudah berusia 69 Tahun, dirinya masih sanggup memberikan rasa olahan masakan yang konsisten.

Padahal kalau dilihat, olahan keong Mak Kiwil ini cukup sederhana lho.  Pertama, keong sawah ini akan dimasak dengan menggunakan bumbu gulai, santan, cabai dan daun salam. Setelah itu, semua bumbu tersebut ditumbuk hingga lembut.

Setelah itu, masukan panaskan air dan masukan keong tersebut ke dalam panci berukuran besar. setelah terlihat sangat panas, baru masukan keong sawanya beberapa waktu hingga terlihat mekar, kemudian baru masukan bumbu yang tadi sudah ditumbuk tersebut.

Nggak lama kok, proses memasaknya hanya memakan waktu sekitar 1 jam saja. Tapi justru dengan cara memasak yang sangat sederhana ini, sajian spesial di Warung Keong Mak Kiwil ini terasa meresap dan menimbulkan sensasi yang benar-benar nggak terlupakan.

O iya bro, ada teknik khusus untuk mengonsumsi keong Mak Kiwil ini. Pertama, ambil satu buah keong, kemudian dengan menggunakan lidi, isi keong tersebut dikeluarkan dan langsung disantap. Cara lainnya, Lo bisa langsung menyedot keong agar isi dari sajian ini masuk langsung ke mulut.

Agar lebih seru, sebaiknya menyantap keong Mak Kiwil ini bareng teman-teman. Untuk masalah harga, Lo hanya perlu membayar sebesar 10 ribuan saja per porsinya. Sangat murah untuk ukuran sajian spesial yang sudah melegenda di Pemalang!