Mau Hasil Foto Under Water Maksimal? Berikut Alat-alatnya

Dilihat 574 kali

Apakah bro punya hobi fotografi? Tertarik menjajal foto under water? Foto under water atau foto di dalam air sekarang ini tengah menjadi trend tersendiri. Banyak orang dibuat latah untuk ikut-ikutan membuat foto under water. Namun, tentu bukan hal mudah. Dibutuhkan teknik khusus agar hasilnya memuaskan. Selain itu, pastinya bro membutuhkan peralatan yang lengkap. Ingin hasil foto under water maksimal? Berikut alat-alat yang bro butuhkan.

Kamera Berkekuatan Ciamik

Kamera ponsel, kamera saku, ataupun kamera profesional bisa bro gunakan untuk foto under water. Meski perangkat kamera bro tidak dilengkapi fitur anti air, tidak perlu takut. Kamera bro masih bisa digunakan untuk foto under water. Bagaimana caranya? Cara mudahnya yakni dengan memberikan lapisan baju pelindung atau yang biasa disebut housing. Selain itu, agar hasilnya memuaskan pertimbangkan untuk menggunakan kamera berkekuatan ciamik.

Baju Pelindung atau Housing

Housing adalah alat pelindung kedap air untuk kamera, baik kamera ponsel, iPhone, kamera saku, atau DSLR. Suatu housing biasanya memiliki timbol-ombol yang dapat dihubungkan dengan tombol kamera secara mekanis. Hal ini berarti sebuah housing hanya cocok untuk satu tipe kamera saja. Maksudnya housing kamera tipe dan brand tertentu tidak bisa bro gunakan untuk kamera lain. Oleh karena itu, sebelum membeli kamera pastikan ada housing peruntukannya. Adapun untuk kamera DSLR, bro mesti membeli port tambahan yang cocok dengan lensa yang digunakan. Setiap lensa mempunyai 1 port yang compatible. Jadi khusus kamera DSLR bro hanya mungkin menggunakan 1 jenis lensa untuk foto under water.

Continues Lamp dan Strobe

Kondisi di dalam air bisa jadi lebih gelap dibanding daratan. Untuk itu, bro membutuhkan penerang buatan. Meski kamera bro sudah dilengkapi fitur flash atau lampu kilat, mungkin kinerjanya akan berkurang saat di dalam air. Itu artinya bro membutuhkan continues lamp (lampu sorot) dan strobe (lampu kilat tambahan) agar hasil foto under water memuaskan. Namun, kehadiran dua alat ini bisa diabaikan bila kondisi dalam air cukup terang dan tidak membutuhkan pencahayaan tambahan.

Waterproof Camera

Untuk membuat foto di bawah air sudah tentu bro membutuhkan waterproof camera. Kamera jenis ini memiliki kemampuan bertahan di dalam air. Sehingga bro tidak lagi membutuhkan alat pelindung. Hanya saja, dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membelinya. Oleh karena itu, bila belum memiliki waterproof camera tidak perlu terburu-buru membeli. Dengan beberapa peralatan yang sudah disebutkan sebelumnya bro masih bisa menghasilkan foto under water berkualitas.