Nokia 3310 Reborn Versi KW Dibanderol dengan Harga 160 Ribuan!

Dilihat 10 kali

Saat ini kita dapat dengan mudah menemukan produk-produk replika dari smartphone-smartphone buatan vendor papan atas. Tetapi siapa sangka bahwa ponsel kelas menengah ke bawah pun ternyata juga telah ditiru secara mentah-mentah.

Ponsel yang dimaksud adalah Nokia 3310 versi reborn yang dibuat oleh HMD Global. Produk replika dari ponsel tersebut pun memiliki desain body yang sangat mirip. Bahkan, secara sekilas bro mungkin akan sangat sulit untuk membedakan Nokia 3310 versi reborn dan ponsel replika ini.

Namun tentu saja, untuk urusan spesifikasi bagian dalam, kualitas perangkat replika ini pastinya jauh lebih rendah. Selain itu, sistem operasinya juga jauh berbeda.

Replika dari Nokia 3310 tersebut merupakan sebuah ponsel yang dibuat oleh Darago. Seperti yang telah di sebutkan di atas, casing dari ponsel buatan salah satu pabrikan asal India ini sangat mirip dengan casing yang dimiliki Nokia 3310 buatan HMD Global.

Meski demikian, ada sedikit perbedaan yang terlihat dari bentuk fisiknya. Perbedaan tersebut tampak di bagian desain tombol fisik. Selain itu, tulisan yang muncul di layar bagian atas juga bukan Nokia, tetapi nama perusahaan pembuat ponsel tersebut, yaitu Darago.

Oleh sebab itulah, jika kita memperhatikan kedua ponsel tersebut dengan baik, maka kita masih bisa membedakan mana Nokia 3310 versi baru dan mana produk buatan Darago. 

Nokia 3310 sendiri memiliki layar yang berukuran 2,4 inci dengan kualitas gambar yang cukup tajam. Di bagian belakangnya terdapat kamera 2 MP sementara di bagian dalamnya, ponsel ini menggunakan RAM berkapasitas 16 MB.

Sementara itu untuk versi replika buatan Darago sendiri, ponsel tersebut menggunakan layar yang berukuran 1,77 inci. Jadi ukuran layarnya lebih kecil dari Nokia 3310. Selain itu, kualitas gambarnya juga terlihat buram. Kamera belakangnya sendiri beresolusi 0,3 MP sementara RAM yang digunakan hanya 1MB.

Ponsel buatan Darago ini dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu 12 dollar AS atau sekitar Rp 160 ribuan. Harga tersebut jauh lebih murah dibanding Nokia 3310 asli yang dijual dengan harga 50 dollar AS atau sekitar Rp 665 ribuan.