Percaya Nggak Kalau Umur Baterai Laptop Nggak Seperti Iklannya!

Dilihat 66 kali

Yang namanya iklan, sudah pasti hanya akan memberikan gambaran tentang kelebihan sebuah produk, tanpa menyebutkan kekurangannya. Hal ini memang wajar, selama kelebihan yang disebutkan memang benar-benar bisa dinikmati secara penuh oleh konsumen.

Tapi yang jadi masalah, saat kelebihan tersebut justru dilebih-lebihkan alias di-mark up habis-habisan hingga akhirnya kelebihan yang diklaim produsen tersebut seperti layaknya sebuah kebohongan. Hal inilah yang sering terjadi pada baterai laptop.

Sebuah penelitian yang dilakukan Which? Magazine, menyebut jika iklan yang menyangkut daya tahan baterai laptop, kebanyakan hanya isapan jempol. Bahkan trik marketing hitam tentang komponen baterai ini sudah sering dilakukan oleh beberapa produsen laptop ternama.

Untuk membuktikan penelitiannya ini, sekitar 67 model laptop langsung diuji oleh Which? Magazine sepanjang Januari 2017, dengan cara mnggunakannya untuk berselancar di dunia maya menggunakan jaringan Wi-Fi dan menonton video dari jaringan lokal.

Luar biasa, hasil penelitian ini membuktikan jika hampir semua vendor laptop mengklaim daya taha baterai produknya 50 persen lebih lama ketimbang kenyataannya. Nggak main-main bro, selisih waktu yang diumbar dalam iklan vs realita, bukan lagi dalam hitungan menit, melainkan jam.

Contohnya saja Lenovo Yoga 510 yang mengaku baterainya bisa tahan hingga 5 jam. Faktanya, uji coba ini menunjukan jika baterai perangkat ini hanya bisa bertahan selama 2 jam 7 menit. Hal yang sama terjadi pada laptop HP Pavilion 14-al115na yang diklaim tahan selama 9 jam, faktanya hanya mampu melayani hingga 4 jam 25 menit.

Hal yang sama pun terjadi pada Dell Inspiron 15 5000 dan Acer E15, dimana dalam iklannya disebutkan sanggup bertahan hingga 7 jam dan 6 jam, fajtanya hanya sanggup bertahan hingga 3 jam 58 menit dan 2 jam 56 menit.

Selain produk-produk diata, beberapa produk laptop lainnya pun memiliki baterai yang tidak sesuai dengan iklannya, sebut saja Vaio, Toshiba, Acer, dan beberapa produk populer lainnya.

Terlepas dari semua itu, harus difahami jika ada beberapa faktor yang menyebabkan kinerja baterai menjadi boros, diantaranya faktor penggunaan laptop, overheting, aplikasi yang running dibelakang layar hingga masalah jaringan WiFi yang tidak stabil dan faktor lainnya.