Apakah Motor Trail Bisa Dipake Buat Boncengan?

Dilihat 481 kali

Nggak bisa dipungkiri jika orang Indonesia senangnya rame-rame, termasuk dalam urusan kendaraan. Contohnya saja motor sport dengan kapasitas satu tempat duduk alias hanya untuk satu orang, yang kerap dipaksankan untuk bisa mengangkut para boncenger.

Yup, fenomena ini sudah lumrah bro. Walaupun untuk hal ini, orang yang dibonceng harus rela mendapatkan tempat duduk dan kenyamanan alakadarnya. Padahal kalau dipikir-pikir, kalau memang tujuannya mau boncengan, kenapa nggak pake jenis matic atau bebek aja. Kan lebih nyaman. Setuju?

Tapi gimana dengan motor trail, apakah bisa digunakan untuk boncengan?

Sebenarnya nggak beda jauh dengan motor sport, motor trail pun didesain dengan tempat duduk alias jok untuk mengangkut satu penumpang. Tapi kalau mau dipaksakan, bisa-bisa aja sih, cuma risikonya kenyamanan dan keamanan Lo mungkin akan tergadaikan.

Bagaimana tidak, kebanyakan jenis motor trail dibekali dengan jok yang sempit dan tipis. Selain itu, suspensi dan bahan joknya pun lumayan keras, terlebih untuk bagian jok boncenger yang notabene lebih tipis ketimbang bagian jok depannya.

Desain seperti ini jelas akan membuat Lo kurang nyaman dan merasa cepat lelah, terutama saat dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Apalagi buat boncenger, sudah dipastikan bokong Lo bakalan terasa ngilu, dan pinggang terasa mau patah.

Tapi kalau cuma buat boncengan sebagai kendaraan komuter dalam kota dengan jarak tempuh 10-20 km, mungkin masih bisa ditoleransi, kondisinya sama dengan motor sport untuk 1 orang, yang dipaksakan untuk digunakan dua orang. Tapi buat jarak jauh, mendingan jangan bro!

Bukankah ada genre motor trail untuk harian?

Benar banget bro, contohnya saja Viar Cross X series. Motor berjenis dual sport ini tidak hanya bisa Lo gunakan untuk touring, tapi juga bisa Lo gunakan sebagai kendaraan harian. Apalagi motor ini sudah menggunakan ban dual purpose Swallow SB 117 yang terbilang cukup ramah jalanan umum.

Tapi tetap saja, ada beberapa komponen, terutama jok, yang sangat tidak nyaman digunakan boncengan. Kalaupun Lo pengen ngangkut boncenger, mendingan pilih jenis motor yang punya jok tebal dan panjang, seperti motor matic, bebek atau motor sport jok datar seperti RX King atau Honda Win.