Bro, Intip Yuk Cara Setting Suspensi Yamaha YZ Series untuk Off Road Adventure!

Dilihat 602 kali

Dalam kurun waktu yang sangat singkat, populasi motor off road yang dijual di bawah bendera Yamaha CBU Off Road Indonesia menjadi semakin banyak.

Tingginya minat konsumen terhadap motor off road dari Yamaha ini tidak terlepas dari harganya yang cukup terjangkau. Jika dibandingkan dengan motor brand Eropa, harga motor off road Yamaha terbilang lebih murah. Selisih harganya pun bisa mencapai Rp 50 jutaan. Padahal, kapasitas dan tipe mesinnya sama. Selain itu, performa motor Yamaha juga mampu menyaingi motor brand Eropa.

Dengan demikian, Yamaha CBU Off Road Indonesia jelas menawarkan penawaran yang sangat menarik dan sulit dilewatkan begitu saja oleh konsumen di Indonesia. Tidak heran jika dalam waktu singkat, motor off road dari Yamaha begitu populer dikalangan penggemar off road di tanah air.

Untuk saat ini, motor yang dijual oleh Yamaha CBU Off Road Indonesia baru motor Yamaha dari klan YZ series saja. Untuk varian motocross terdapat beberapa tipe seperti YZ250F, YZ125 dan YZ85LW. Sementara untuk varian off road atau enduro cross country, terdapat beberapa nama seperti YZ250X dan YZ250FX.

Untuk YZ250X dan YZ250FX sendiri, ada banyak pengendara yang mengeluhkan mengenai settingan suspensi standar pabrik yang keras. Kondisi suspensi tersebut membuat aktivitas off road adventure terasa tidak nyaman.

Hal ini sebenarnya dapat dimaklumi mengingat YZ250X dan YZ250FX merupakan jenis motor yang didesain sebagai motor enduro competition. Kedua motor ini pun diperuntukan bagi rider-rider profesional yang mampu melaju dengan sangat kencang di lintasan off road.

Namun tentu saja, bagi pada rider pemula, suspensi dari YZ250X dan YZ250FX memang cukup menyiksa. Nah, untuk menyiasati hal ini, bro bisa mencoba tips yang diberikan langsung oleh Big Boss Yamaha CBU Off Road Indonesia Mr. Dechamps Arnaud.

Mr. Dechamps Arnaud sendiri mengakui bahwa ada banyak orang yang mengatakan bahwa motor se atau motor trail build up suspensinya terlalu tinggi. Nah solusinya, cukup kendorin per belakang. Namun ada batasan, lo bisa kendorin habis-habisan. Tetapi pas mau dikencengin, harus keras hingga 1,5 milimeter buat per. Selain itu, gunakan kunci untuk kendorin per secara maksimal.