Lama Berkarya, Hero Impulse Akhirnya Disuntik Mati!

Dilihat 1974 kali

Buat Lo penggila motor penggaruk tanah, nama Hero Impulse merupakan salah satu jenis motor yang cukup melegenda dari Hero, pabrikan motor terbesar di India. Sayang bro, karena beberapa alasan, pihak perusahaan akhirnya menyuntik mati motor dual sport 150 cc tersebut.

FYI, Hero Impulse sendiri merupakan motor dual sport yang pertama kali menjalani debutnya pada Agustus 2010 di London. Setelah itu, motor ini pun kemudian diluncurkan secara resmi di India pada Oktober 2011, dan mencatatkan penjualan yang cukup fantastis.

Setelah beberapa tahun dipasarkan, akhirnya pihak perusahaan pun memutuskan untuk menghentikan produksi Impulse. Sangat disayangkan sih, padahal sebelumnya banyak kabar yang menyebut jika Hero Impulse akan dijual di Indonesia lewat jalur CKD alias impor terurai.

Well, kira-kira kenapa sih Hero setega itu hingga menyuntik mati Impulse?

Dilansir dalam MotorBeam, keputusan Hero untuk menyuntik mati Impulse utamanya disebabkan karena permintaan motor dual sport 150 cc tersebut tidak terlalu besar. Tidak hanya itu, kondisi ini pun makin diperparah dengan keputusan India untuk menerapkan standar regulasi emisi BS4.

Jelas untuk memenuhi regulasi tersebut Hero akan sangat kesulitan, mengingat Impulse masih menggunakan basis mesin Honda NXR 150 Bros. Apesnya lagi, Hero nggak dapat izin dari Honda untuk mengubah mesin tersebut, termasuk untuk sekedar mengikuti regulasi BS4.

Banyak yang berspekulasi jika izin yang tidak keluar dari Honda ini sebagai buntut perceraian antara Honda India dengan Hero, dimana perusahaan ini justru lebih memilih membangun brand-nya sendiri dengan modal ilmu dan teknologi yang didapatkannya dari Honda.

Sementara bagi Honda, kerjasama jangka panjang dengan Hero, telah membuat perusahaan asal Jepang ini berhasil merajai market segala jenis motor di Negeri Bollywood tersebut. Sangat disesalkan memang, mengingat kerjasama kedua perusahaan ini tergolong sangat solid.

Walau harus kehilangan Impulse, keputusan bercerai dengan Honda sepertinya jadi keputusan tepat bagi Hero. Mengingat kini mereka menjelma jadi salah satu pemain dengan market yang cukup besar di India. Bahkan konon katanya, perusahaan ini sedang mengembangkan motor dual sport yang lebih powerful dari Impulse. Well, kita tunggu saja ya bro!