Mantap Bro, Royal Enfield Classic 500 Green Fly Siap unjuk Gigi!

Dilihat 37 kali

Menyambut perhelatan besar pameran automotif ‘Madrid Auto Show 2017’ pada bulan Maret 2017 mendatang, banyak pabrikan-pabrikan yang sudah mempersiapkan diri, dengan konsep design dan modifikasinya. Salah satu yang cukup serius mengarap adalah Royal Enfield Spanyol. Pabrikan ini menyajikan konsep motor modifikasi baru yang memiliki tampilan retro garang dengan sebutan ‘Green Fly’ atau diperkenalkan sebagai ‘Royal Enfield Classic 500 Green Fly’. Motor kustom ini merupakan hasil karya dari designer bernama Jesus de Juan.

Desain dari Royal Enfield Classic 500 Green Fly ini tentunya sangatlah berbeda dengan Royal Enfield Classic 500 biasa. Jesus de Juan merubah motor ini dengan memanfaatkan frame Royal Enfield Continental GT (desain cafe racer) menjadi terlihat lebih siap untuk melahap track apapun. Bagian belakang frame dipotong dan disemati dengan jok pendek single seater.

Lalu, suspensi depan sudah dibekali garpu depan terbalik (upside down) yang menambah tampilan gagah. Sedangkan suspensi belakang digantikan dengan monoshock yang posisinya diatur sedikit agak ke kiri untuk menyesuaikan posisi peredam kejut yang sebelumnya dual shock. Tidak lupa, ban tahu disematkan Jesus de Juan pada Royal Enfield Classic 500 Green Fly ini dan menggantikan roda yang sebelumnya berbentuk jari-jari gantikan velg palang yang dibalut dengan ban berulir kotak-kotak tadi. Hasilnya, tampilan bernuansa garang ala off-road pun begitu terasa pada motor ini.

Untuk merubah bagian depannya Jesus de Juan juga menyemati dengan dua headlamp LED bercover kotak layaknya sebuah motor flat tracker. Tidak lupa odometer mungil dengan tampilan klasiknya juga dipasang, menghiasi bagian dashboard. Untuk sentuhan akhir, Jesus de Juan membungkus sejumlah bagian motor dengan warna hijau yang selaras dengan namanya, ‘Green Fly’. Bagian-bagian tersebut diantaranya, tangki, velg dan suspensi bagian belakang.

Semua konsep tersebut, awalnya didasari dari hasil pemikiran Eva Pereira, sang direktur Royal Enfield Madrid yang mendapatkan sejumlah inspirasi dari seekor lalat Hijau. Makanya, pada modifikasi kali ini motor Royal Enfield diberikan cat dengan kombinasi warna hijau (dominasi) dan hitam.