Melipat Parasut? Jangan Asal Ya Bro

Dilihat 648 kali

Meski biasanya gears yang kamu gunakan untuk terjun payung sudah diurus oleh instrukturnya, nggak ada salahnya bro kamu juga tahu gimana cara melipat parasut dengan benar. Kenapa penting? Karena kalau salah cara melipatnya atau ada tali yang terlilit, maka penerjun selanjutnya akan mengalami kesulitan membuka parasut dengan sempurna. Kamu bisa belajar melipat parasut dari instrukturnya, di bawah ini adalah beberapa hal yang mesti kamu perhatikan saat melipat parasut.

Cek keepersnya

Kadang karena besarnya tekanan angin di udara bisa membuat keepers menjadi kendor atau berubah posisinya. Keepers yang berubah posisi atau kendor bisa menyebabkan parasut jadi nggak berfungsi lho bro. Keepers yang nggak sesuai posisi ini juga bisa menyebabkan toggle pada parasutnya copot. Saat mengecek kondisi keepers di saat yang bersamaan kamu juga bisa mengecek apakah ada tali pengereman yang terpuntir.

Cek pengelompokkan baris talinya

Pastikan parasut yang kamu tata berdasarkan nomor urutan baris yang benar untuk tali-talinya ya bro. Prinsip utama dalam melipat parasut adalah ia mesti simetris alias keduanya memiliki sisi yang sama. Begitu juga dengan cara mengelompokkan baris-baris talinya yang dimulai dari bagian tali yang paling panjang sampai baris tali yang paling pendek adalah yang paling atas. Pengaturan baris-baris tali ini juga penting banget bro karena kamu nggak mau terjun dengan tali yang terpuntir atau tertindih satu sama lain karena resikonya ketika parasut sulit dibuka ketika terjun akan terlalu bahaya.

Posisi slider yang benar

Ketika melipat slidernya yang dibantu dengan stabilisers, pastikan slider nggak berkumpul di tengah dan menggembung, dan pastikan juga grommet slidernya terpasang kencang pada pengait baris talinya. Kemudian dari ujung ekor slidernya kamu bisa menggulung parasut hingga membentuk seperti kepompong dengan maksimal berjumlah 6 kali gulung. Memposisikan slider menjadi penting bro karena ketika terjun nanti akan lebih mudah bagi parasut untuk membuka terkena angin dan mengurangi hentakan yang keras.

Memasukkan parasut ke dalam tas

Agar parasut bisa masuk ke dalam tas kembali tentu anginnya harus dikeluarkan dulu ya bro.  Apapun metode yang kamu gunakan jangan sampai merusak material parasutnya. Banyak orang yang mengeluarkan angin dari parasut besar dengan berbaring di atasnya sambil menekan-nekan parasut agar kempes. Flaking adalah proses yang juga nggak kalah penting tapi lumayan sulit untuk dilakukan oleh pemula. Sebelum dimasukkan, pastikan kamu melakukan flaking parasut agar pembukaan parasut kamu lebih gampang.  Saat memasukkan parasut ke dalam tas, perhatikan juga agar posisi slidernya nggak berubah ya bro.