Nggak Punya Minyak? Bahan-Bahan Ini Bisa untuk Memancing Api Unggun!

Dilihat 519 kali

Api unggun menjadi salah satu hal penting saat berkemah ataupun survival di dalam hutan. Api unggun berfungsi untuk menghangatkan diri, perapian untuk memasak, menjaga dari serangan binatang buas, dan isyarat tanda bahaya. Bukan hal mudah membuat api unggun. Apalagi membuat api unggun di tengah hutan dengan bahan seadanya. Kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal terutama tentang pemilihan lokasi membuat api unggun. Lokasi yang dipilih mestinya kering, jauh dari pepohonan, terlindung dari angin, dan terdapat bahan bakar cukup.

Bahan bakar cair seperti minyak umumnya menjadi bahan utama membuat api unggun. Tapi bagaimana bila ternyata kamu tidak memiliki minyak untuk memancing api unggun? Tidak perlu khawatir. Kamu masih dapat menggunakan bahan-bahan lain yang mungkin tersedia di alam. Sebenarnya penggunaan minyak pada pembuatan api unggun pun tidak dianjurkan. Alasannya minyak dapat memicu kebakaran atau api besar yang tidak diinginkan. Bila kamu memang tidak memiliki minyak ada beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk memancing api unggun. Adapun bahan-bahan tersebut dikategorikan menjadi berikut ini:

Tinder

Tinder merupakan bahan yang kamu butuhkan sebagai penyala api unggun. Tinder sendiri merupakan material kering yang mudah menyala hanya dengan panas atau percikan api. Material yang dimaksud harus benar-benar kering agar percikan api bisa menyala menjadi sedikit lebih besar dan bertahan dalam waktu lama.

Sebagai contoh kamu bisa membuat charred cloth menggunakan kapas yang dipanaskan sampai berubah warna menjadi hitam. Cukup memanaskan kapas dan tidak membakarnya. Setelah kapas didapati menghitam simpan dalam wadah tertutup dan kedap udara supaya tetap kering. Kamu bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum berangkat survival.

Adapun material kering lain yang dapat kamu gunakan sebagai tinder diantaranya kayu kering yang diserut, kain kasa, bagian luar bambu yang diserut, dan lain sebagainya. Beberapa material tersebut memang membutuhkan persiapan. Bila kamu berada dalam kondisi mendesak dan tidak sempat mempersiapkan tinder, maka beberapa bahan di alam juga bisa kamu gunakan. Misalnya saja jerami, pakis mati, jamur kering, batang pohon yang membusuk dan mati, lumut, rumput kering, daun kering, serabut tumbuhan, daun kelapa mati.

Kindling

Kindling atau pemancing api merupakan material yang mudah menyala. Kindling bisa kamu tambahkan setelah tinder menyala. Hal ini karena kindling berfungsi meningkatkan suhu api agar api bisa menyala lebih besar.

Material yang dipilih sebagai kindling mestinya juga harus kering benar dan mudah terbakar cepat. Potongan kayu kecil, ranting kecil, karton tebal, atau potongan kayu yang diambil bagian dalamnya bisa kamu gunakan sebagai kindling.

Fuel

Fuel berarti bahan bakar. Fuel dibutuhkan saat api sudah menyala cukup besar. Material fuel biasanya memiliki ukuran besar agar bisa terbakar secara perlahan. Tujuannya jelas supaya api unggun yang dibuat bisa bertahan lama.

Beberapa material yang dapat kamu pilih sebagai fuel misalnya kayu atau cabang kayu yang mati dan kering. Bila kamu menemukan dahan atau rumput kering bisa dibelitkan pada pohon yang tumbang. Kotoran hewan yang sudah kering atau gemuk hewan bisa juga kamu manfaatkan sebagai fuel.

Api Unggun