Panduan Memilih Jaket

Dilihat 370 kali

Jaket merupakan jenis pakaian hangat yang cocok untuk dipakai pria maupun wanita. Namun jaket pria jelas memiliki model yang berbeda dengan jaket wanita. Sama ketika kamu hendak membeli pakaian, membeli jaket pun tidak dapat secara asal. Membeli jaket yang kurang sesuai akan membuat kamu tidak dapat memakai jaket tersebut sebagaimana fungsinya. Ketika kamu ternyata membeli jaket hanya berdasarkan bahan namun ternyata kurang pas ketika dipakai, maka hanya sia-sia kamu membeli jaket. Untuk itu, ikutilah panduan yang benar dalam memilih jaket.

Lakukan Survey Harga Jaket

Jangan terburu-buru untuk membeli jaket. Kamu harus survey dulu harga jaket di toko yang satu dengan lainnya. Survey dimaksudkan sebagai perbandingan harga jaket yang ingin kamu beli. Sehingga jaket yang kamu inginkan dapat dibeli dengan harga yang terjangkau.

Sesuaikan dengan Fungsi Jaket

Fungsi utama jaket adalah sebagai pakaian hangat. Biasa dipakai pada saat musim dingin. Namun perlu kamu ketahui suhu musim dingin di setiap negara berbeda. Bagi kamu yang tinggal di Indonesia, membeli jaket yang tidak terlalu tebal masih dapat menghangatkan tubuh. Namun jika kamu tinggal di negara yang saat musim dingin turun salju, tentu harus membeli jaket yang tebal. Lebih memungkinkan lagi jika disertai penutup kepala atau tudung kepala berbulu untuk lebih menghangatkan bagian leher ketika dipakai saat musim dingin. Jadi, kamu harus menyesuaikan fungsi jaket untuk apa sebelum membelinya.

Sesuaikan Ukuran Jaket

Setiap jaket tidak memiliki ukuran yang sama. Untuk itu, kamu harus mau mencobanya ketika membeli. Jangan hanya dipandang apalagi diterawang. Cobalah untuk memastikan bahwa jaket yang kamu pilih memang sesuai dengan tubuh. Tidak perlu khawatir akan dimarahi pegawai toko. Sebaliknya, biasanya pegawai toko akan menanyakan kepada konsumennya apakah jaket tersebut sudah dicoba sebelumnya. Guna memastikan memang sesuai dengan tubuh si konsumen.

Pilih Warna Jaket Secara Tepat

Ada berbagai macam warna jaket. Tidak selalu dominan dengan warna-warna gelap karena kamu juga bisa memilih jaket dengan warna terang dan cerah. Ada dua pilihan yang dapat dijadikan panduan ketika memilih warna jaket. Jika kamu memang mencari jaket untuk kehangatan, maka pilih warna jaket yang gelap-gelap. Biasanya warna jaket yang gelap dapat menyimpan panas dengan baik dibanding warna jaket yang terang dan cerah. Namun jika hanya sekadar mencari pakaian hangat yang nyaman dan fashionable, maka tergantung pada kamu suka dengan warna jaket seperti apa.

Pilih Panjang Jaket yang Pas

Pilihlah jaket yang memiliki panjang ketika dipakai adalah tidak lebih atau sama dengan pinggang kamu. Itulah panjang jaket yang pas. Jika kamu membeli jaket dengan panjang di atas pinggang, maka lebih tepat disebut blazer. Jika kamu membeli jaket dengan panjang di bawah pinggang, maka lebih tepat disebut overcoat.

Pilih Bahan Jaket Kamu

Bahan polar cocok untuk jaket yang dipakai pada ketika menjalankan kegiatan seperti outdoor. Bahan jeans cocok untuk jaket yang dipakai untuk tujuan lebih gagah untuk pria dan lebih fashionable atau kesan rock untuk wanita. Bahan kaos cocok untuk jaket yang dipakai dalam kegiatan sehari-hari karena bahannya yang tidak cepat membuat gerah dan jika kamu berkeringat, bahan kaos menyerap keringat dengan lebih mudah dibanding bahan jaket yang lain.

Panduan Memilih Jaket