Yakin Jaket Gunung Lo Sudah Sesuai dengan Medan Pendakian?

Dilihat 258 kali

Saat lo mau melakukan pendakian, biasanya lo akan selalu membawa jaket sebagai perlengkapan utama. Fungsi utamanya pasti untuk menghindari hipotermia akibat hawa dingin di ketinggian.

Jaket ternyata punya fungsi lain selain untuk menahan hawa dingin. Buat lo yang masih bingung cari jaket buat mendaki, simak ulasan cara memilih jaket untuk pendakian gunung!

Harus tahu layering system

Lapisan pelindung tubuh ini ada tiga lapisan, yaitu base layer, mid layer, dan outer layer.

Base layer ini lapisan yang nempel langsung dengan tubuh, biasanya berbahan spandex. Mid layer adalah lapisan yang kedua, fungsinya buat menahan panas tubuh keluar dan biasanya pakai bahan fleece atau polar. Yang terakhir, outer layer, lapisan ini fungsinya buat nahan air dan angin.

Jadi saaat memilih gunung yang akan didaki bisa menentukan mana saja layer yang akan dipakai.

Harus tahu medan gunung yang didaki

Sebelum melakukan pendakian, ada baiknya lo tentukan gunung yang akan didaki. Kalau lo mau mendaki gunung di wilayah tropis, pilih jaket yang outer layer-nya jenis windbreaker dan base layer berbahan spandex. Tapi, kalau lo mau mendaki gunung bersalju, tiga layer tadi bisa lo pake karena lebih dingin.

Bahan jaket

Saat lo beli jaket untuk naik gunung, pilih yang punya outer layer dengan bahan goretex. Goretex ini adalah teknologi yang bikin lapisan jaket tahan air dan kedap udara, tapi tetap bisa mengalirkan udara panas di dalam jaket keluar.

Untuk bahan mid layer-nya, lo bisa pilih polar atau dakron.

Ukuran

Pilih jaket dengan ukuran yang pas dengan ukuran tubuh lo. Kalau bisa, beli jaket yang agak lebih gede sedikit dari ukuran normal. Tujuannya biar pergerakan lo saat mendaki lebih nyaman.

Hoodie

Sering disebut juga penutup kepala di jaket. Fungsinya bukan cuma buat pemanis aja, hoodie ini bisa untuk menghangatkan kepala dari cuaca dingin atau guyuran air hujan.

Warna cerah

Saat lo beli jaket untuk mendaki, usahakan untuk membeli dengan warna cerah seperti merah, biru, dan kuning. Warna cerah bisa memudahkan pendaki untuk terlihat saat pendakian dan juga bisa bantu dalam operasi Search and Rescue (SAR) kalau hilang di gunung.