Air Terjun Kedung Kandang, Spot Wisata Tersembunyi Di Gunungkidul

Dilihat 182 kali

Ngomongin air terjun di Indonesia nggak akan pernah ada habisnya Bro. Letak Indonesia yang bebentuk kepulauan, bikin jumlah air terjun eksotis di negeri ini jumlahnya bisa puluhan bahkan ratusan.

Ada satu spot air terjun di Indonesia yang luput dari perhatian banyak traveler. Yups, air terjun ini bernama Air Terjun Kedung Kandang yang ada di Gunung Botak, Kabupaten Gunung Kidul.

Kedung Kandang ini sebenernya adalah nama sungai sekaligus air terjun. Yang bikin unik, air sungai disana mengalir menuruni bebatuan besar  yang menghasilkan deretan air terjun kecil yang keren banget. Menurut warga disana, aliran air di air terjun ini bisa sangat deras kalau malam sebelumnya daerah ini diguyur hujan.

Pesona alam sekitar Air Terjun Kedung Kandang juga nggak kalah kerennya. Lo bisa lihat pesawahan dengan terasering yang indah. Cocok banget buat ngambil foto selfie disana.

Nah, buat lo yang penasaran ke air terjun ini, lo bisa ambil rute dari Pegunugan Nglanggeran sejauh 2,5 kilometer ke arah timur sampai lo ketemu sebuah jalan yang menurun di sebuah jembatan. Abis itu, lo bisa belok ke kanan dan papan penunjuk ke Kedung Kandang sudah terlihat di daerah itu.

Setelah sampai di lokasi, lo harus membayar tiket masuk ke lokasi ini. Memang belum ada tarif resmi, pengunjung yang datang diminta tarif seikhlasnya. Rata-rata pengunjung yang datang ngasih Rp. 7.000 per orang.

Perjalanan lo belum selesai Bro. Lo masih harus lewatin jalan terjal berbatu yang lumayan ekstrem. Jarak dari parkiran motor sekitar satu kilometer. Lumayan jauh dan bisa bikin tenaga lo terkuras.

Tapi rasa cape lo bakalan terbayar saat udah tiba di Air Terjun Kedung Kandang. Nikmatin sepuasnya pesona alam yang masih perawan dan udara segar khas pegunungan. Kalau lo lelah, lo bisa istrirahat dulu di gazebo yang sudah disediakan.

Uniknya pesona wisata ini, sayangnya baru dikelola oleh masyarakat sekitar aja. Mulai dari promosi di media sosial sampai pengelolaan fasilitas pendukung lainnya. Pemerintah belum ngelirik spot wisata yang menjanjikan ini.

Gimana, penasaran buat datang kesana?